Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE PREDICTION GUIDE (TEBAK PELAJARAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI MA PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR

Mutia Rahmi (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE PREDICTION GUIDE (TEBAK PELAJARAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI MA PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas XI IPA1 (eksperimen) dan kelas XI IPA2 (kontrol). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid melalui penerapan strategi pembelajaran tipe prediction guide (tebak pelajaran). Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan perlakuan dilihat dari data selisih nilai pretes dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada awal penelitian adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,31 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung>ttabel. sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya rata-rata gain ternormalisasi <N-Gain> hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,73 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol adalah 0,64 dengan kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran tipe prediction guide (tebak pelajaran) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan koloid di kelas XI MA Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar dengan kategori tinggi. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Tipe Prediction Guide, Hasil Belajar, Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 27 Apr 2016 10:07
Last Modified: 27 Apr 2016 10:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3841

Actions (login required)

View Item View Item