Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KEPRIBADIAN HARDINESS DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA AKTIVIS ORGANISASI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

RANI NAVILASARI, - (2021) HUBUNGAN KEPRIBADIAN HARDINESS DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA AKTIVIS ORGANISASI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK “Hubungan Kepribadian Hardiness dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Aktivis Organisasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau” Oleh Rani Navilasari Memiliki kepribadian yang tangguh serta dapat mengendalikan setiap tekanan stres yang negatif merupakan harapan bagi setiap mahasiswa aktivis organisasi dalam meningkatkan prestasi belajarnya, namun kenyataannya masih banyak mahasiswa aktivis organisasi yang belum bisa mengendalikan tekanan stres yang ia dapatkan, yang disebabkan oleh banyaknya tuntutan akademis dan organisasi. Meningkatnya prestasi belajar pada mahasiswa aktivis organisasi dapat memberikan dampak yang positif berupa selesainya studi dalam jangka waktu yang telah ditentukan dengan nilai indeks kumulatif yang memenuhi standar kelulusan. Salah satu faktor yang meningkatkan prestasi belajar pada mahasiswa aktivis organisasi ialah kepribadian hardiness. Menjadi pribadi yang tangguh akan membuat mahasiswa aktivis organisasi mudah mengendalikan tekanan stres yang ia dapatkan sehingga memberikan dampak positif bagi prestasi belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kepribadian hardiness dengan prestasi belajar pada mahasiswa aktivis organisasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan menggunakan SPSS 16.0. Populasi berjumlah 215 dan sampel berjumlah 140 mahasiswa aktivis organisasi, diambil menggunakan teknik sampling dengan rumus slovin n=N/(1+N.e2). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Pada penelitian ini yang menjadi variabel X adalah Kepribadian Hardiness yang diukur melalui 3 Indikator yaitu, Commitment, Control, dan Challange. Sedangkan variabel Y yaitu Prestasi belajar yang diukur melalui nilai indeks prestasi kumulatif. Hasil penelitian menunjukkan kepribadian hardiness (X) dengan prestasi belajar (Y) ada hubungan yang signifikan dengan tingkat korelasi kuat sebesar 75,4% , sehingga dapat disimpulkan ketika mahasiswa aktivis organisasi dapat meningkatkan kepribadian hardiness-nya maka prestasi belajar mahasiswa aktivis organisasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi ikut meningkat. Kata Kunci : Kepribadian Hardiness, Prestasi Belajar, Mahasiswa Aktivis Organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:02
Last Modified: 02 Feb 2021 06:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38342

Actions (login required)

View Item View Item