Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN PERSEPSI RISIKO KECELAKAAN DENGAN PERILAKU AGGRESSIVE DRIVING PADA MAHASISWA UIN SUSKA RIAU YANG MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR

FITRIA NINGSIH, - (2020) HUBUNGAN PERSEPSI RISIKO KECELAKAAN DENGAN PERILAKU AGGRESSIVE DRIVING PADA MAHASISWA UIN SUSKA RIAU YANG MENGGUNAKAN SEPEDA MOTOR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Hubungan Persepsi Risiko Kecelakaan dengan Perilaku Aggressive Driving pada Mahasiswa UIN Suska Riau Yang Menggunakan Sepeda Motor Fitria Ningsih Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Abstrak Pengendara muda lebih sering menempatkan diri mereka pada situasi berbahaya seperti menerobos lampu merah, melanggar batas kecepatan, mengikuti kendaraan lain terlalu dekat, duel kejar-kejaran, berkendara dengan kecepatan yang sangat tinggi serta perilaku berbahaya lainnya. Semua perilaku tersebut termasuk dalam perilaku aggressive driving. Perilaku aggressive driving seseorang dapat dipahami dari bagaimana mereka berfikir dan mempersepsi lingkungannya. Jika seorang pengendara memiliki persepsi resiko kecelakaan yang tidak sewajarnya maka kemungkinan untuk berperilaku agresif dalam berkendara sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi risiko kecelakaan dengan perilaku aggressive driving pada mahasiswa yang menggunakan motor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan subjek sebanyak 240 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala persepsi risiko kecelakaan dengan koefisien reabilitas sebesar 0,864 dan skala aggressive driving dengan koefisien reabilitas sebesar 0,816. Berdasarkan hasil korelasi Pearson Product Moment diperoleh koefisien korelasi (r) = -0,328 dengan p = 0,000 (p<0,01) artinya hipotesis diterima, yaitu ada hubungan negatif yang signifikan antara persepsi risiko kecelakaan dengan perilaku aggressive driving pada mahasiswa yang menggunakan motor. Sumbang efektif persepsi risiko kecelakaan dengan perilaku aggressive driving sebesar 10,7%. Hal ini menunjukkan persepsi risiko kecelakan memiliki hubungan dengan aggressive driving mahasiswa yang menggunakan sepeda motor. Kata kunci : persepsi risiko kecelakaan, aggressive driving

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 01 Feb 2021 03:02
Last Modified: 01 Feb 2021 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38299

Actions (login required)

View Item View Item