Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PUZZLE TEHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU

OKI WISNUSAPUTRA, - (2021) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PUZZLE TEHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Oki Wisnusaputra, (2020): Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Puzzle terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara penggunaan metode Puzzle terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Dengan dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian korelasi product moment dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan objek penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode Puzzle terhadap keaktifan belajar siswa. Teknik pengambilan sampel Proportional Random Sampling berjumlah 77 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Sebelum digunakan untuk memperoleh data angket diuji coba terlebih dahulu menggunakan uji validitas dan uji relibialitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan menggunakan metode korelasional, mengubah data ordinal ke interval, uji linieritas, regresi linier, dan kontribusi pengaruh variabel x terhadap variabel y. Berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode puzzle terhadap keaktifan belajar siswa. Hal ini terlihat dari rhitung> rtabel (0,701>0,188) dimana persentase pengaruh metode Puzzle terhadap keaktifan belajar siswa adalah sebesar 49,2% sedangkan sisanya sebesar 50,8% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain. Kata Kunci: Metode Puzzle, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:44
Last Modified: 03 Feb 2021 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38296

Actions (login required)

View Item View Item