Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV B SD NEGERI 130 PEKANBARU

Ratna Dewi Setiawati, - (2020) PENERAPAN STRATEGI CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU DI KELAS IV B SD NEGERI 130 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RATNA DEWI SETIAWATI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ratna Dewi Setiawati, (2020): Penerapan Strategi Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di Kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku dengan penerapan strategi creative problem solving di Kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dengan gejala kurangnya siswa mau menanggapi atau memberi pendapat, kurang mendengarkan penjelasan dari guru dan sebagian siswa tidak melakukan diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 34 orang siswa kelas IV B SDN 130 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi creative problem solving dan aktivitas belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus setiap kali siklus dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa penerapan strategi creative problem solving menunjukkan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 51,10%. Kemudian setelah menerapkan strategi creative problem solving pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 66,53%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 80,32%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi creative problem solving dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Creative Problem Solving, Aktivitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Feb 2021 02:50
Last Modified: 02 Feb 2021 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38105

Actions (login required)

View Item View Item