Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS NUTRISI AMPAS TAHU YANG DIFERMENTASI DENGAN PENAMBAHAN LEVEL Aspergillus niger YANG BERBEDA

Jujun Junaedi, - (2021) KUALITAS NUTRISI AMPAS TAHU YANG DIFERMENTASI DENGAN PENAMBAHAN LEVEL Aspergillus niger YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Ampas tahu merupakan limbah dari pengolahan tahu memiliki kandungan gizi yang cukup baik. Namun perlu dilakukan pengolahan terlebih dahulu untuk meningkatkan kualitas gizinya, salah satunya dengan cara fermentasi menggunakan Aspergillus niger. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh level Aspergillus niger pada fermentasi ampas tahu terhadap kualitas nutrisi ( protein kasar, serat kasar, lemak kasar, bahan kering, abu dan Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen). Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan. Setiap perlakuan terdiri atas P0 (100 g Ampas Tahu + 0% A. niger), P1 (100 gram Ampas Tahu + 0,5% A.niger), P2 (100 g Ampas Tahu + 1% A. niger) P3 (100 g Ampas Tahu + 1,5% A.niger). Data nutrisi dianalisis secara statistik dengan analisis sidik ragam dan uji lanjut DMRT. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan Aspergillus niger berpengaruh sangat nyata (P<0,01) meningkatkanprotein kasar, kadar abu dan kadar air, menurunkan serat kasar, lemak kasar dan BETN. Dapat disimpulkan bahwa penambahan Aspergillus niger hingga 1,5% mampu meningkatkan kualitas protein kasar (%), kadar abu (%) dan kadar air (%) serta menurunkan serat kasar (%), kadar lemak (%) dan BETN (%). Perlakuan terbaik adalah (P3) menghasilkan kandungan protein kasar tertinggi 21,46%, serat kasar terendah 8,30%, lemak kasar terendah 2,12%, kadar abu terendah 8,17% dan BETN 66,28%. Kata Kunci : Ampas tahu, fermentasi, kualitas nutrisi, Aspergillus niger.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 02 Feb 2021 03:05
Last Modified: 02 Feb 2021 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38102

Actions (login required)

View Item View Item