e-LEARNING SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN FISIKA ( STUDI KASUS SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU )

Rendyan Syah Putra, (2010) e-LEARNING SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN FISIKA ( STUDI KASUS SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201135.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

e-Learning merupakan suatu metode pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan teknologi internet, sejauh ini e-Learning telah banyak di terapkan pada institusi dan perusahaan. Kehadiran aplikasi Learning Manajement System ( LMS ) juga sangat membantu dalam mengembangkan sistem pembelajaran. Pembangunan sistem e-Learning ini menggunakan Content Management System ( CMS ) Moodle, sedangkan analisa menggunakan metode PIECES dan Cost dan Benafit, untuk perancangan sistem menggunakan Flowchat, Contek Diagram, Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram. Proses pembelajaran di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru masih menggunakan cara konvensional melalui tatap muka langsung antara guru dan siswa. Metode pembelajaran seperti ini memiliki keterbatasan yang dapat menghambat proses penyampaian ilmu pengetahuan yang berkembang cepat dikarenakan keterbatasan waktu dan tempat. Dari kondisi seperti ini maka sistem e-Learning diharapkan dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasi keterbatasan-keterbatasan yang ada pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan ( TKJ ) khususnya pada mata pelajaran FISIKA. Diharapkan sistem ini dapat berjalan dan membantu dalam proses belajar dan mengajar, seperti pengadaan ruang belajar online, tugas online, kuis online. Serta tersedianya fasilitas interaktif yang akan memudahkan siswa dan guru untuk berkomunikasi di luar jam belajar seperti Chatting, Forum diskusi dan kirim pesan. Kata Kunci : e-Learning, LMS ( Learning Management System ), Mata Pelajaran FISIKA,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Jan 2016 04:36
Last Modified: 06 Jan 2016 04:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item