Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 022 Muara Mahat Baru

Maria Ulfa, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 022 Muara Mahat Baru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Maria Ulfa, (2020) : Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 022 Muara Mahat Baru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan Berbicara siswa melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada tema Indahnya Kebersamaan mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 022 Muara Mahat Baru. Penelitian ini dilatar-belakangi oleh rendahnya keterampilan Berbicara siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas IV SD Negeri 022 Muara Mahat Baru yang berjumlah 15 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan keterampilan Berbicara siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada sebelum tindakan keterampilan Berbicara, siswa secara keseluruhan tergolong kurang baik dengan persentase 53,88% berada pada rentang <75%. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Siklus I siswa yang mampu meningkatkan keterampilan berbicara secara keseluruhan tergolong kurang baik dengan persentase 61,10% berada pada rentang <75%. Pada Siklus II keterampilan berbicara siswa meningkat dengan persentase 90,94% kategori baik, karena berada pada rentang 84-92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SD Negeri 022 Muara Mahat Baru. Kata kunci : Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:12
Last Modified: 02 Feb 2021 04:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38074

Actions (login required)

View Item View Item