Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP/MTs PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Nur Asri Melawati S, - (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA SMP/MTs PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR ASRI MELAWATI S.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Asri Melawati S (2020) : Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP/MTs Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP/MTs ditinjau dari self efficacy pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPS Tahfidz An Nashichah sebanyak 9 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa soal uraian tes kemampuan komunikasi matematis, lembar angket self efficacy, dan wawancara yang dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi whatssapp. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar masih rendah. Jika ditinjau dari self efficacy siswa, siswa dengan self efficacy tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang tinggi di beberapa indikator yaitu membuat model matematika dan menyelesaikannya, serta menyelesaikan model matematika bentuk gambar yang diberikan, namun masih kesulitan pada indikator menyusun pertanyaan dari soal yang diberikan. Sedangkan siswa dengan self efficacy sedang dan rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis yang rendah. Siswa dengan self efficacy sedang dan rendah mengalami kesulitan di semua indikator. Mereka belum mampu menuliskan model matematika dan menyelesaikannya, menyelesaikan model matematika bentuk gambar yang diberikan, dan menyusun pertanyaan dari soal yang diberikan. Kata kunci : Analisis, Bangun Ruang, Deskriptif, Kemampuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:50
Last Modified: 29 Jan 2021 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38027

Actions (login required)

View Item View Item