Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN MOTIVASI MURID DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MATERI ALQUR’AN MELALUI METODE BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF DI SDN 025 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR

M. Razali (2010) MENINGKATKAN MOTIVASI MURID DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM PADA MATERI ALQUR’AN MELALUI METODE BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF DI SDN 025 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011137.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode yang tepat sangat diperlukan agar tujuan pembelajaran tercapai dan yang lebih penting dapat meningkatkan motivasi murid dalam proses pembelajaran sehingga murid merasa proses pembelajaran tidak menjadi sesuatu beban akan tetapi sesuatu yang menyenangkan dan menjadi kebutuhan bagi kehidupannya. Di kelas V SDN 025 Padang Mutung Kecamatan Kampar, proses pembelajaran dengan materi Alqur’an kitab suci umat Islam, telah dilaksanakan dengan kegiatan antara lain, guru agama telah melakukan kegiatan mengajar sesuai dengan kurikulum, guru agama telah mengajar sesuai dengan bermacam-macam buku rujukan, guru agama telah mengajar dengan metode yang bervariasi, seperti ceramah, tanya jawab, kadangkala guru agama telah mengajar menggunakan pujian. Dengan pembelajaran tersebut, diharapkan motivasi belajar murid menjadi tinggi, akan tetapi dari observasi awal ternyata motivasinya belum tinggi, hal ini terlihat dari gejala-gejala seperti sebagian murid tidak bersemangat dalam proses pembelajaran, sebagian murid tidak memperhatikan guru menerangkan pelajaran, sebagian murid tidak patuh kepada guru dengan mengikuti anjuran guru, sebagian murid tidak antusias dalam berbagi pengetahuan dan berdiskusi, Berdasarkan gejala-gejala tersebut di atas, penulis ingin menelitinya dengan judul: ”Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Alqur’an Kitab Suci Umat Islam Melalui Metode Berbagi Pengetahuan Secara Aktif Di Kelas V SDN 025 Padang Mutung Kecamatan Kampar.” Metode berbagi pengetahuan secara aktif merupakan cara bagus untuk mengenalkan murid kepada materi pelajaran yang diajarkan serta dapat digunakan untuk menilai tingkat pengetahuan murid sembari melakukan kegiatan pembentukan tim. Cara ini cocok pada segala ukuran kelas dan dengan materi pelajaran apapun. Metode ini akan mendorong murid untuk saling memberikan informasi pengetahuan khususnya materi pelajaran yang sedang dibahas secara aktif. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dengan melakukan kolaborasi (yaitu bekerjasama) dengan 5 orang guru PAI lain untuk membantu mengobservasi proses pembelajaran dan sebagai pelaksana tindakan kelas adalah penulis sendiri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa murid yang memiliki motivasi dalam pembelajaran alqur’an kitab suci umat Islam di kelas V SDN 025 Padang Mutung Kecamatan Kampar, lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan murid yang tidak memiliki motivasi. sebelum tindakan dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, yaitu 32% yang berarti tidak baik. Murid yang memiliki motivasi dalam pembelajaran alqur’an kitab suci umat Islam di kelas V SDN 025 Padang Mutung Kecamatan Kampar, lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan murid yang tidak memiliki motivasi. Setelah tindakan dilakukan dengan menggunakan Metode Berbagi Pengetahuan Secara Aktif, yaitu 73% yang berarti baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 05:42
Last Modified: 21 Dec 2015 05:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item View Item