Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP STATUS MUSTAHIK BAGI PENGEMIS PASAR (Studi Kasus Pengemis di Pasar Syariah Ulul Albab Pasir Putih, Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar)

Irma Suryani, - (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP STATUS MUSTAHIK BAGI PENGEMIS PASAR (Studi Kasus Pengemis di Pasar Syariah Ulul Albab Pasir Putih, Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI IRMA SURYANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irma Suryani, 2020: Tinjauan Hukum Islam Terhadap Status Mustahik bagi Pengemis Pasar (Studi Kasus di Pasar Syariah Ulul Albab Pasir Putih, Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar) Mengemis adalah kegiatan meminta-minta bantuan, derma, sumbangan baik kepada perorangan atau lembaga yang identik dengan penampilan pakaian yang serba kumal sebagai sarana untuk mengungkapkan kebutuhan apa adanya dan dengan berbagai cara lain untuk menarik simpati orang lain. Namun bila dilihat dari kehidupan dan pekerjaan yang dilakukan pengemis yaitu mengemis, tidak semua dari pengemis itu berhak mendapatkan zakat. Dapat dilihat dari usia dan fisik mereka yang masih mampu untuk bekerja maka dapat menentukan keberhakan mereka dalam menerima zakat yaitu termasuk dalam kategori mustahik zakat yang mana dari delapan asnaf itu sendiri. Karena setiap pengemis itu tidak hanya melakukan mengemis saja dalam mencari nafkah umtuk menghidupi kehidupannya tetapi dari sebagian pengemis juga ada melakukan pekerjaan selain dari mengemis, misalnya menjadi tukang urut atau bahkan orang tua yang memiliki anak untuk menafkahinya hanya saja tidak mencukupi untuk memenuhi kehidupannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Status Mustahik bagi Pengemis Pasar di Pasar Syariah Ulul Albab dan bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap Status Mustahik bagi Pengemis Pasar di Pasar Syariah Ulul Albab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana status mustahik bagi pengemis pasar dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap status mustahik bagi pengemis pasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), data primer dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui jurnal, artikel, dan buku yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Metode analisis data dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif yang menggambarkan keadaan suatu fenomena dan menguraikan dan menilai data hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pengemis yang ada di Pasar Syariah Ulul Albab Pasir Putih, kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar dapat dikategorikan sebagai mustahik zakat yaitu asnaf fakir dan miskin. Karena dilihat dari keadaan kehidupan pengemis yang mengemis hanya mencari nafkah untuk kehidupannya sehari-hari. Walaupun dalam Islam telah dijelaskan bahwa meminta-minta (mengemis) kepada manusia hukumnya merupakan suatu perbuatan yang pada dasarnya itu tidak dibolehkan dalam Islam, namun diboleh jika ada keterpaksaan kebutuhan yang menyebabkan seseorang untuk mengemis.karena Allah telah melarang umatnya untuk meminta-minta selain kepada-Nya. Kata kunci : Pengemis, Zakat, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:00
Last Modified: 01 Feb 2021 05:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/37922

Actions (login required)

View Item View Item