Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI TEKNIK ROLE PLAYING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI SMK MUHAMMADIYAH 3 TERPADU PEKANBARU

AYU SAFITRI, - (2021) IMPLEMENTASI TEKNIK ROLE PLAYING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI SMK MUHAMMADIYAH 3 TERPADU PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)

Abstract

ABSTRAK Ayu Safitri, (2020): Implementasi Teknik Role Playing Dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Implementasi Teknik Role Playing Dalam Layanan Bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar Di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru (2) Faktor pendukung dan penghambat Implementasi Teknik Role Playing Dalam Layanan Bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar Di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Tempat penelitian di SMK Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Informan penelitian adalah Satu orang guru BK dan Enam orang siswa yang telah mengikuti layanan bimbingan kelompok. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru BK telah melaksanakan layanan bimbingan kelompok sesuai dengan prosedur layanan bimbingan kelompok dan Guru BK memberikan role playing yang sesuai dengan materi permasalahan yang ada. Implementasi teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok sudah pernah dilakukan sesuai dengan tahap-tahap yang sudah ditentukan, Guru BK menggunakan teknik role playing untuk menggali pengalaman siswa, dan pemahaman siswa. Sedangkan faktor pendukung dan penghambatnya yaitu: (1) faktor pendukungnya adalah anggota kelompok merasa nyaman dan terbuka dalam pelaksanaan kegiatan. Serta fasilitas-fasilitas yang sudah memadai. (2) Faktor penghambatnya adalah yaitu kurangnya waktu jam BK disekolah yang menyebabkan materi layanan bimbingan kelompok tidak tersampaikan dengan secara satu kali pertemuan sehingga kurang maksimal. Kata Kunci: Implementasi, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:23
Last Modified: 29 Jan 2021 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/37871

Actions (login required)

View Item View Item