Ferdi Nasri Saputra, Ferdi (2020) Keberimbangan Pemberitaan Pengangkatan Staf Khusus Milenial Presiden di Vivanews.com Dan Detik.com. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
|
Text (Skripsi Gabungan)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
Abstract
Pro dan kontra atas pelantikan staf khusus milenial presiden yang muncul di berbagai kalangan masyarat tentu tidak terlepas dari penyajian berita, dari sisi keberimbangan misalnya. Berimbang dalam penyajian berita adalah memberikan ruang atau waktu pemberitaan kepada masing-masing pihak secara proporsional. Sehingga berita yang disajikan tidak merugikan salah satu pihak. Dalam penelitian penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis deskriptif. Menurut konsep keberimbangan Westersthal, terdapat dua indikator yang mampu mengukur tingkat keberimbangan berita, indikator itu adalah akses proporsional dan dua sisi. Data primer berupa kompilasi berita dengan kata kunci "Pengangkatan Staf Khusus Milenial Presiden tahun 2019." Berdasarkan hasil penelitian, pada indikator akses proporsioal, berita yang memenuhi syarat di Vivanews.com 13% sedangkan Detik.com 7,1 % dan pada indikator dua sisi, berita yang memenuhi syarat di Vivanews.com 6,7% sedangkan Detik.com 14,3%. Jadi secara keseluruhan berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil penelitian “Keberimbangan Pemberitaan Pengangkatan Staf Khusus Milenial Presiden di Vivanews.com dan Detik.com” ditemukan bahwa tingkat keberimbangan media online Vivanews dan Detik.com adalah tidak berimbang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keberimbangan Berita, Analisis Isi, Staf Khusus Milenial |
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 13:11 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 13:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/37786 |
Actions (login required)
View Item |