Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIPENINGKATAN PRODUKSI BAJA RINGAN PADA PT.GIAS PEKANBARU MENURUT EKONOMI SYARIAH

MARDIAN NINGSIH, - (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHIPENINGKATAN PRODUKSI BAJA RINGAN PADA PT.GIAS PEKANBARU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi Ini Adalah Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Produksi Baja Ringan Pada PT GIAS Pekanbaru Ditinjau Menurut Ekonomi Syari’ah. Penelitian ini terkait dengan produksi yang sudah dilakukan oleh peneliti lain namun belum memberikan penjelasan secara tuntas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengarahui peningkatan produksi baja ringan pada PT Gias Pekanbaru. (2) untuk mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi peningkatan produksi baja ringan pada PT Gias Pekanbaru (3) untuk menganalisis perspektif Ekonomi Islam terhadap produksi baja ringan pada PT Gias Pekanbaru. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian lapangan (Field Research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh langsung dari perusahaan PT Gias Pekanbaru. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh (Total Sampling) yang berarti seluruh populasi dijadikan sebagai sampel berjumlah 34 karyawan. Teknik Pengumpulan data menggunakan interview, observasi,dokumentasi dan tinjauan pustaka. Data penelitian dianalisis sesuai dengan tujuan penelitian yaitu : pertama, mengumpulkan data produksi dari perusahaan PT Gias pekanbaru. kedua, menggunakan metedo uji Regresi berganda, Uji asumsi klasik, Uji hipotesis untuk menentukan faktor yang paling dominan. Ketiga, dengan melakukan tinjauan pustaka untuk mengetahui produksi menurut ekonomi islam. Berdasarkan analisis dan pembahasan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan produksi baja ringan pada PT Gias Pekanbaru, diperoleh tiga hasil. Pertama, bahwa produksi yang produktif secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil produksi. Kedua, diantara variabel-variabel bebas yang diteliti ternyata variabel bahan baku mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil produksi. Ketiga, produksi merupakan urat nadi dalam kegiatan ekonomi,dan tidak akan pernah ada kegiatan kosumsi,distribusi, ataupun perdagangan barang dan jasa tanpa diawali dengan produksi. Dengan demikian, penentuan produksi haruslah sesuai dengan hokum islam dan tidak mengarah kepada kerusakan sebab produksi tidak akan selalu menghasilkan keuntungan materil, namun harus mampu pula memberikan keuntungan bagi orang lain dan agama. Kata kunci : Produksi, Bahan Baku, Modal dan Tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:26
Last Modified: 29 Jan 2021 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/37643

Actions (login required)

View Item View Item