Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Pengawasasn dalam Pelaksanaan Pengujian Kendaraan Angkutan Umum (Oplet) Terkait dengan Keselamatan Penumpang di Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru

Ratih Lilianie Harahap, Ratih (2020) Analisis Pengawasasn dalam Pelaksanaan Pengujian Kendaraan Angkutan Umum (Oplet) Terkait dengan Keselamatan Penumpang di Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

[img] Text (Skripsi Gabungan)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketentuan peraturan perundang- undangan dan aturan pengawasan pelaksana yang mengatur tentang uji kelayakan kendaraan bermotor oleh Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru serta untuk mengetahui pengawasan dalam pelaksanaan pengujian kendaraan angkutan umum (oplet) terkait dengan keselamatan penumpang di Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif untuk mengetahui pengawasan pelaksanaan pengujian kendaraan angkutan (oplet) terkait dengan keselamatan peumpang di Dinas Perhubungan Kota. Sumber bahan hukum primer dalam penelitian ini terdiri dari peraturan perundang-undangan dalam hubungannya dengan pelaksanaan pengujian kendaraan angkutan umum (oplet) terkait dengan keselamatan penumpang dan bahan hukum sekunder berasal dari buku, jurnal, internet dan penelitian lain yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan, wawancara dan observasi yang dilakukan penulis guna memeriksa kembali bahan hukum primer terhadap fakta lapangan. Analisis data yang digunakan adalah dengan metode deduksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan kesimpulan yakni Ketentuan mengenai Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang merupakan dasar hukum keharusan untuk mengujikan kendaraan bermotor terhadap kelaikan jalan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Pelaksanaan Pengujian Kendaraan angkutan umum (oplet) terkait dengan keselamatan penumpan di Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru secara garis besar di tinjau dari segi teknis telah mampu membentuk perlindungan terhadap keselamatan penumpang. Akan tetapi, keselamatan Penumpang tidak hanya ditentukan oleh kelayakan teknis kendaraan bermotor saja, tetapi konsumen atau penumpang harus memperoleh kenyamanan dan keselamatan dalam menggunakan alat angkutan, segi pengemudi, dan kondisi jalannya juga berpengaruh. Dalam pelaksanaannya masih ada beberapa yang perlu dibenahi dalam hal pemeriksaan (pengujian kembali) kendaraan bermotor di jalan atau yang dikenal dengan nama uji petik laik jalan atau inspeksi terhadap angkutan umum yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan dalam Pelaksanaan Pengujian Kendaraan Bermotor
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:18
Last Modified: 02 Feb 2021 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/37638

Actions (login required)

View Item View Item