Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN TEKNIK PLAY THERAPY DALAM MENANGANI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI UPT PPA PROVINSI RIAU

OKTIA BINARI Br. PANJAITAN, - (2020) PELAKSANAAN TEKNIK PLAY THERAPY DALAM MENANGANI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI UPT PPA PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img]
Preview
Text
BAB I-BAB VI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi diindonesia dan tak sedikit pelaku menargetkan anak-anak menjadi korbannya. Seperti yang sudah penulis ketahui bahwa di UPT PPA provinsi riau adalah lembaga yang menangani kasus-kasus yang berkaitan dengan kekerasan seksual baik pada perempuan atau pun anak-anak. Dari fenomena yang terlihat anak-anak yang menjadi korban sangat memperihatinkan, mereka tidak bisa menerima diri mereka, bahkan beberapa dari mereka menjadi penyendiri dan juga agresif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan teknik play therapy dalam pemulihan anak dan seperti apa respon korban sebelum dan setelah diterapi. Subyek dalam penelitian ini adalah kasubbag, konselor, psikolog dan objek penelitian adalah korban kekerasan seksual. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data diperoleh dari metode deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini maka penulis dapat menyimpulkan bahwa memang benar adanya pelaksanaan teknik terapi bermain dengan langkah-langkah yang sudah diatur oleh terapis di UPT PPA Provinsi Riau agar memudahkan dalam proses sesi terapi. Dari serangkaian proses terapi bermain hasil nya menunjukkan bahwa anak menjadi lebih bersahabat dan mudah berkomunikasi kembali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:23
Last Modified: 02 Feb 2021 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/37631

Actions (login required)

View Item View Item