PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH DENGAN METODE STRUCTURED ANALYSIS AND DESIGN TECHNIQUE (SADT)

Darma Fauzi, (2010) PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH DENGAN METODE STRUCTURED ANALYSIS AND DESIGN TECHNIQUE (SADT). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201112.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Sistem informasi akademik yang sedang berjalan pada SMP N 32 Pekanbaru adalah sebuah aplikasi microsotf excel, yang mana dalam proses pengolahan dan pencarian data kurang efektif karena membutuhkan waktu lama untuk proses pencarian data akademik seperti pencarian data siswa, data guru, data pelajaran, data wali kelas dan data rekap nilai siswa. Sistem informasi akademik sekolah (SIAS) yang dibangun merupakan sistem informasi untuk menangani pengolahan dan penyajian data-data akademik yang dibutuhkan oleh kepala sekolah, siswa dan guru yang membutuhkan data dan informasi yang disediakan oleh sistem. Sistem informasi akademik sekolah ini dibangun untuk mengelola dan menyajikan data-data akademik dengan mudah, adapun data akademik yang diolah meliputi data siswa, data guru, data pelajaran, data kelas, data wali kelas dan data nilai siswa. Untuk mendukung hal ini maka digunakan teknologi pemograman dan database sebagai media penyimpanan yang diyakini hingga kini masih sangat berguna dan membantu mengklasifikasikan data dan informasi. Bahasa pemograman Visual basic 6.0 sebagai bahasa pemograman yang menawarkan kemudahan akses bagi pemakainya yang berbasis desktop. Metode yang digunakan untuk analisis dan perancangan sistem adalah Structure Analysis And Design Technique (SADT). Perancangan basis data menggunakan relasi dengan memanfaatkan tool Entity Relationship Diagram (ER-Diagram) dan sistem diimplementasikan dengan menggunakan metode Pembangunan Sistem Development Life Cycle (SDLC). Kata kunci : SADT, Sistem Informasi Akademik Sekolah (SIAS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 06 Jan 2016 04:16
Last Modified: 06 Jan 2016 04:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item