Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Penggunaan Metode Drill dalam Mancapai Ketuntasan Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Indragiri Hulu.

Syukri Parendra, - (2020) Efektivitas Penggunaan Metode Drill dalam Mancapai Ketuntasan Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Indragiri Hulu. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Syukri Parendra, (2020) : Efektivitas Penggunaan Metode Drill dalam Mancapai Ketuntasan Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Indragiri Hulu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi yang terjadi didalam mengikuti proses pembelajaran, tidak semua materi pembelajaran dituntaskan oleh peserta didik dengan baik. Ada materi-materi tertentu yang membuat peserta didik mengalami kendala atau kesulitan dalam mempelajarinya. Oleh karena itu, perlu diketahui penggunaan metode drill dalam mencapai ketuntasan belajar Al-Qur’an Hadits siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Indragiri Hulu sudah berjalan dengan efektif. Dengan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk mengkaji masalah ini lebih mendalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas penggunaan metode drill di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Indragiri Hulu dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi penggunaan metode drill di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Indragiri Hulu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektif tidaknya penggunaan metode drill di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Indragiri Hulu. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Indragiri Hulu. Populasi pada penelitian ini adalah guru Al-Qur’an Hadits Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Indragiri Hulu, penulis tidak mengambil sampel, semua populasi diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Kuantitatif dengan Persentase, dengan rumus sebagai berikut: P = F X 100% N Dari penyajian dan analisis data penelitian yang diperoleh dari hasil observasi ditemukan penggunaan metode drill dalam mencapai ketuntasan belajar Al-Qur’an Hadits siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Indragiri Hulu, Frekuensi jawaban yang ada di persentase terakhir berada pada angka 61% sampai dengan 80% yaitu 73,19%. Maka ditafsirkan bahwa penggunaan metode drill dalam mencapai ketuntasan belajar Al-Qur’an Hadits siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Indragiri Hulu digolongkan “Efektif”, kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode drill di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Indragiri Hulu adalah faktor internal seperti kemampuan guru dan latar belakang pendidikannya serta faktor eksternal seperti kemampuan siswa, fasilitas belajar yang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:01
Last Modified: 02 Feb 2021 04:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/37054

Actions (login required)

View Item View Item