MENENTUKAN UMUR EKONOMIS DAN UMUR OPERASI OPTIMUM BUS ALS TRAYEK PEKANBARU-PADANGSIDEMPUAN PADA PT. ALS

Lasari, (2014) MENENTUKAN UMUR EKONOMIS DAN UMUR OPERASI OPTIMUM BUS ALS TRAYEK PEKANBARU-PADANGSIDEMPUAN PADA PT. ALS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

PT.ALS merupakan perusahaan transportasi yang bergerak di bidang jasa angkutan antar provinsi yaitu pekanbaru menuju padangsidempuan. Penelitian ini didasari pada pemikiran atas pentingnya melakukan penentuan umur ekonomis dan umur operasi optimum dalam proses pengambilan keputusan penggantian suatu aset. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa perusahaan dituntut untuk melakukan suatu analisis penentuan umur ekonomis dan umur operasi optimum, karena perolehan pendapatan pada perusahaan cenderung menurun. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan perhitungan umur ekonomis pada tahun berikutnya dan mempertimbangkan umur operasi optimum pengambilan keputusan untuk penggantian bus karena perusahaan masih dapat menerapkan alternatif untuk menaikkan penjualan dan mengurangi pengeluaran biaya variabel agar kerugian dapat dihindari dan perusahaan dapat tetap beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan umur ekonomis dan umur operasi optimum trayek Pekanbaru-Padangsidempuan. Perhitungan umur ekonomis menggunakan metode Equivalensi uniform annual Cost (EUA).Berdasarkan pengolahan data, biaya operasional per tahun dan pendapatan per tahun, umur ekonomis bus ALS pada PT. ALS trayek Pekanbaru-Padangsidempuan beroperasi selama 10 tahun dari tahun 2007 sampai pada tahun 2016 sebesar Rp.180.572.491.84. Sedangkan Umur operasi optimum diperoleh dalam Rupiah sebesar Rp 127.698.181.82 pada tahun ke- 5, berada pada tahun 2013 .Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin meningkat umur bus, maka semakin besar biaya operasionalnya karena disebabkan penurunan umur fisik bus dan semakin cepat perusahaan menutup biaya perawatan yang dikeluarkan, sehingga semakin cepat pula perusahaan memperoleh keuntungan. Kata kunci :Biaya Operasional, Biaya Perawatan, EUAC, Umur Ekonomis, Umur Operasi Optimum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 670 Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 25 Apr 2016 20:48
Last Modified: 25 Apr 2016 20:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3669

Actions (login required)

View Item View Item