Lasari (2014) MENENTUKAN UMUR EKONOMIS DAN UMUR OPERASI OPTIMUM BUS ALS TRAYEK PEKANBARU-PADANGSIDEMPUAN PADA PT. ALS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
PT.ALS merupakan perusahaan transportasi yang bergerak di bidang jasa angkutan antar provinsi yaitu pekanbaru menuju padangsidempuan. Penelitian ini didasari pada pemikiran atas pentingnya melakukan penentuan umur ekonomis dan umur operasi optimum dalam proses pengambilan keputusan penggantian suatu aset. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa perusahaan dituntut untuk melakukan suatu analisis penentuan umur ekonomis dan umur operasi optimum, karena perolehan pendapatan pada perusahaan cenderung menurun. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan perhitungan umur ekonomis pada tahun berikutnya dan mempertimbangkan umur operasi optimum pengambilan keputusan untuk penggantian bus karena perusahaan masih dapat menerapkan alternatif untuk menaikkan penjualan dan mengurangi pengeluaran biaya variabel agar kerugian dapat dihindari dan perusahaan dapat tetap beroperasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan umur ekonomis dan umur operasi optimum trayek Pekanbaru-Padangsidempuan. Perhitungan umur ekonomis menggunakan metode Equivalensi uniform annual Cost (EUA).Berdasarkan pengolahan data, biaya operasional per tahun dan pendapatan per tahun, umur ekonomis bus ALS pada PT. ALS trayek Pekanbaru-Padangsidempuan beroperasi selama 10 tahun dari tahun 2007 sampai pada tahun 2016 sebesar Rp.180.572.491.84. Sedangkan Umur operasi optimum diperoleh dalam Rupiah sebesar Rp 127.698.181.82 pada tahun ke- 5, berada pada tahun 2013 .Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin meningkat umur bus, maka semakin besar biaya operasionalnya karena disebabkan penurunan umur fisik bus dan semakin cepat perusahaan menutup biaya perawatan yang dikeluarkan, sehingga semakin cepat pula perusahaan memperoleh keuntungan. Kata kunci :Biaya Operasional, Biaya Perawatan, EUAC, Umur Ekonomis, Umur Operasi Optimum
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 670 Manufaktur, Pabrik-pabrik |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 25 Apr 2016 20:48 |
Last Modified: | 25 Apr 2016 20:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3669 |
Actions (login required)
View Item |