Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.101 Pada Penyajian Laporan Keuangan BMT Al-Kifah Pekanbaru

Yayan Musfita, - (2021) Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.101 Pada Penyajian Laporan Keuangan BMT Al-Kifah Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Skripsi Gabungan)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Al-Kifah Pekanbaru. Bertujuan untuk menganalisa apakah laporan yang disajikan BMT di dalam RAT tahun 2018 telah sesuai dengan standar yang berlaku yaitu PSAK 101 tentang penyajian laporan keuangan syariah atau belum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data memalui dokumentasi (RAT) tahun 2018 dan hasil wawancara dengan pihak terkait. Setelah dilakukan analisa, maka peneliti membahas beberapa masalah diantara nya: 1) Analisa terhadap laporan posisi keuangan yang tidak menyajikan Dana Syirkah Temporer secara terpisah, melainkan diklasifikasikan kedalam kewajiban, 2) Tidak menyajikan laporan keuangan dengan lengkap. 3) Analisa terhadap dana zakat, infaq/ shadaqah yang pencatatannya digabungkan ke dalam Neraca, dimana seharusnya disajikan dalam laporan sumber dan penggunaan dana zakat dan laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah BMT Al-Kifah Pekanbaru dalam menyajikan laporan keuangan masih belum sesuai dengan PSAK No.101. Dengan penelitian ini, diharapkan BMT Al-Kifah Pekanbaru dapat melakukan evaluasi dalam menyajikan laporan keuangan, agar kedepannya bisa menerapkan standar yang berlaku yaitu PSAK No.101.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PSAK No.101, Laporan Keuangan, Baitul Maal Waat Tamwil (BMT).
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:38
Last Modified: 27 Jan 2021 05:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/36629

Actions (login required)

View Item View Item