Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Surat al-Jumu’ah (kajian Analisis Surat )

Fahmi Ilmi, - (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Surat al-Jumu’ah (kajian Analisis Surat ). Skripsi thesis, UNIVERISTAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fahmi Ilmi : Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Surat al-Jumu’ah (kajian Analisis Surat ) Surah al-Jumu’ah dalam al-Qur’an merupakan salah satu diantara banyaknya surah di dalam al-Qur’an. Di pilihnya surah al-Jumu’ah di dalam penelitian, yaitu, surat ini merupakan surat yang sering di baca dan di anjurkan oleh Nabi dalam setiap pelaksanaan shalat Jum’at, yang dipahami secara garis besar bahwa surah ini menceritakan perintah kewajiban shalat jum’at, ternyata selain mengandung hukum dan perintah, di dalam surah ini juga terdapat nilai-nilai pendidikan, secara terkhusus dalam penelitian ini menyajikan tentang nilai-nilai pendidikan berkenaan dengan pendidikan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan serta mentadabbur al-Qur’an yaitu pada surat al-Jumu’ah, mengungkapkan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam surah al-Jumu’ah. Ada dua pertanyaan atau yang di jadikan rumusan masalah di dalam penelitian, yaitu : bagaimana penafsiram para ulama Mufassirin menafsirkan surat al-Jumu’ah, kemudian yang kedua yaitu apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkanudng di dalam surat al-Jumu’ah ?. Adapun metode yang di gunakan yaitu metode penafsiran dalam bentuk tahlili, dengan cara menggali segala aspek yang terkanudng dari surah al-Jumu’ah, serta mendiskripsikan dalam kata-kata dan bahasa dalam suatu konteks khusus yang alamiah, dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Kemudian dari hasil penelitian ini maka ditemukan tidak ada perbedaan signifikan dari beberapa penafsiran para mufassir yang dikemukakan di dalam penelitian ini, serta adapaun nilai- nilai pendidikan akhlak yang di temukan di antaranya : sifat ketaatan, larangan berbuat zhalim dan ingkar terhadap perintah Allah, kesabaran, selalu bersyukur,menjauhi sifat sombong dan angkuh dan larangan cinta terhadap dunia yang berlebihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 02 Feb 2021 04:15
Last Modified: 02 Feb 2021 04:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/36627

Actions (login required)

View Item View Item