RANCANG BANGUN MOBILE AUGMENTED REALITY PADA KOMIK DENGAN PENDEKATAN MARKERLESS

Kasrin, (2014) RANCANG BANGUN MOBILE AUGMENTED REALITY PADA KOMIK DENGAN PENDEKATAN MARKERLESS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ANALISA DAN PERANCANGAN(1).pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text
BAB VI KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI PENUTUP.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Komik merupakan gabungan gambar-gambar yang memiliki alur cerita dan memberikan nilai estetis kepada para pembacanya. Pada awalnya komik hanya tersedia dalam media cetak, namun saat sekarang ini sudah banyak komik yang bisa dinikmati dalam media elektronik. Namun pada dasarnya komik masih selalu bersifat statis, sehingga para pembaca perlu mengimajinasikan komik tersebut agar terasa lebih nyata. Teknologi Augmented Reality adalah salah satu cara untuk menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya. Dengan memanfaatkan teknologi ini, maka dibangunlah aplikasi ARkomik dengan pendekatan markerless yang akan menjadikan komik lebih interaktif dengan tampilan 3D seperti halnya video animasi. Pengujian yang dilakukan dalam tugas akhir ini yaitu pegujian intensitas cahaya terhadap pendeteksian marker, pengujian jarak kamera terhadap marker, dan sudut pengambilan kamera terhadap marker. Dari pengujian yang telah dilakukan, maka dihasilkan untuk pengujian intensitas cahaya, marker dapat terdeteksi pada semua intensitas cahaya. Jarak yang mampu dideteksi oleh kamera yaitu pada rentang 5 cm sampai dengan 100 cm dan pengambilan sudut kamera mampu mendeteksi marker hingga kemiringan 1800 atau dalam arti lain sejajar dengan marker. Kata Kunci : Augmented Reality (AR), Komik, Marker, Markerless

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 25 Apr 2016 20:01
Last Modified: 25 Apr 2016 20:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3660

Actions (login required)

View Item View Item