Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Optimalisasi Penggunaan Metode Bercerita dalam Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini.

Pramadita Yolla, - (2021) Optimalisasi Penggunaan Metode Bercerita dalam Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pramadita Yolla, (2020): Optimalisasi Penggunaan Metode Bercerita dalam Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah optimalisasi penggunaan metode bercerita dalam pembentuka kepribadian anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kepustakaan (library research) adalah penelitian yang dilakukan di perpustakaan dimana objek penelitian biasanya digali lewat beragam informasi kepustakaan (buku, ensiklopedia, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen). Sumber data pada penelitian kepustakaan yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Pada penelitian ini menggunakan sumber sekunder, yang berarti peneliti berhadapan langsung dengan literature, artikel, jurnal, serta situs di internet yang berkenaan dengan penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumenter. Teknik analisis yang digunakan yaitu deduktif, metode deskriptif dan analisis dokumen. Hasil penelitian yaitu anak usia dini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat menentukan perkembangan masa selanjutnya. Ia memiliki dunia dan karakteristik sendiri yang jauh berbeda dari orang dewasa. Anak selalu aktif, antusias, dan ingin tahu terhadap apa yang di lihat dan di dengarnya. Metode bercerita dapat di arahkan pada nilai, sikap, dan perilaku yang memancarkan akhlak mulia atau budi pekerti luhur. Optimalisasi penggunaan metode bercerita dalam pembentukan kepribadian anak usia dini dapat di lihat dari cerita putri sejati dan kacang polong dapat di contoh dalam disiplin, jujur, tanggung jawab, berakhlak mulia, budi pekerti, dan lain-lain. Di lihat dari cerita putri sejati dan kacang polong dapat dijadikan sebagai salah satu metode untuk pembentukan kepribadian anak usia dini, karena di dalam cerita putri sejati dan kacang polong putri sejati memiliki sifat kejujuran yang membawa rasa bahagia dan rezeki yang tak terduga, sehingga dapat menjadi suatu contoh dalam pembentukan kepribadian anak usia dini tentang pentingnya suatu kejujuran. Kata kunci: Metode Bercerita, Kepribadian Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jan 2021 12:57
Last Modified: 28 Jan 2021 12:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/36374

Actions (login required)

View Item View Item