Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AKAD KERJASAMA PADA USAHA MUSIK QASIDAH MUSNIDA RIA DENGAN JASA DEKORASI PESTA DI DESA KOTO TIBUN KECAMATAN KAMPAR MENURUT EKONOMI ISLAM

NURUL FATHONI, - (2020) AKAD KERJASAMA PADA USAHA MUSIK QASIDAH MUSNIDA RIA DENGAN JASA DEKORASI PESTA DI DESA KOTO TIBUN KECAMATAN KAMPAR MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK AKAD KERJASAMA PADA USAHA MUSIK QASIDAH MUSNIDA RIA DENGAN JASA DEKORASI PESTA DI DESA TIBUN KECAMATAN KAMPAR MENURUT EKONOMI ISLAM. Latar belakang penelitian bahwa dalam Ekonomi Islam kerjasama dikenal dengan istilah syirkah. salah satu kerja sama yang dilakukan adalah kerjasama antara musik qasidah Musnida Ria dengan jasa dekorasi pesta. kerjasama ini bertujuan agar usaha berjalan lancar dan lebih mudah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Islam menganjurkan agar berusaha dengan rambu-rambu yang sudah diatur. dalam melakukan kerjasama akad haruslah jelas dan tertulis. Namun fenomena di lapangan adanya keterlambatan pembayaran bagi hasil. ini akan berdampak pada perekonomain masing-masing usaha. Maka di rumuskan masalah Bagaimana akad kerjasama pada usaha musik Qasidah musnida ria dengan jasa Dekorasi pesta di Desa Koto Tibun Kecamatan Kampar, dan Bagaimana Tinjauan Ekonomi Islam terhadap akad kerjasama usaha musik Qasidah musnida ria dan jasa Dekorasi pesta di Kecamatan Kampar. Populasi dalam penelitian adalah pemilik usaha musik Qadisah 1 (satu) orang dan jasa dekorasi pesta sebanyak 14 (empat belas) orang. maka jumlah populasi sebanyak 15 (limabelas orang) orang semua dijadikan sampel dengan metode Total Sampling. teknik pegumpulan data observasi, wawancara, angket dokumentasi, dan study kepustakaan. kemudian dianalisa menggunakan analasis kualitatif. Akad kerjasama pada usaha musik Qasidah musnida ria dengan jasa Dekorasi pesta di Desa Koto Tibun Kecamatan Kampar. dari segi akad tertulis dengan tanggapan kadang-kadang sebanyak 10 orang atau 66,6%. pembayaran secara tunai sebanyak 15 orang atau 100%. dan ada peningkatan pendapatan setelah adanya kerjasama sebanyak 14 orang atau 93,9%, namun kadang pembayaran dilakukan telat dari perjanjian dengan tanggapan ia sebanyak 7 orang atau 46,6%. adapun tinjauan ekonomi islam tentang adanya kerjasama antara musik qasidah musnidaria dengan jasa dekorasi pesta di Desa Koto Tibun Kecamatan kampar dari segi prinsip tolong menolong sesuai dengan ekonomi islam, namun dari segi kejelasan akad dan pembagian tidak sesuai kesepakatan belum sepenuhnya dijalankan dan sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jan 2021 00:05
Last Modified: 26 Jan 2021 00:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/36109

Actions (login required)

View Item View Item