Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

فعالية استخدام الطريقة السمعية الشفوية بلعبة الكرسي الساخن لترقية استيعاب مفردات اللغة العربية لدى تلاميذ المدرسة المتوسطة المتكاملة البنية بكنبارو

Andika Erlangga, - (2020) فعالية استخدام الطريقة السمعية الشفوية بلعبة الكرسي الساخن لترقية استيعاب مفردات اللغة العربية لدى تلاميذ المدرسة المتوسطة المتكاملة البنية بكنبارو. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANDIKA ERLANGGA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andika Erlangga, (2020) : Efektifitas Penggunaan Metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan Menggunakan Permainan Kursi Panas untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Bunayyah Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen, yaitu bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan menggunakan permainan kursi panas untuk meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Bunayyah Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan menggunakan permainan kursi panas efektif untuk meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Bunayyah Pekanbaru?”. Subjek penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Al Bunayyah Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah penggunaan metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan menggunakan permainan kursi panas untuk meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Al Bunayyah Pekanbaru dan sampelnya adalah siswa kelas 7A dan 7B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisa data observasi digunakan rumus: 0  2 2 1 1                  SDx SDy x y Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan penguasaan mufrodat siswa pada mata pelajaran bahasa Arab antara kelas yang menerapkan metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan menggunakan permainan kursi panas dengan yang tidak menerapkan metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan menggunakan permainan kursi panas. Karena nilai To = 2,59 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2, 423 dan taraf signifikansi 5% = 1,684. ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa, penggunaan metode Sam’iyyah Syafawiyah dengan menggunakan permainan kursi panas efektif untuk meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Bunayyah Pekanbaru. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Sam’iyyah Syafawiyah, Permainan Kursi Panas, Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:21
Last Modified: 27 Jan 2021 05:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/36104

Actions (login required)

View Item View Item