Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

تأثير تطبيق نموذج التعليم التفاعلي باستخدم استراتيجية المناظرة النشطة في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكلام لدى الطلاب في المدرسة العالية الإسلامية الحكومية الأوى بكنبارو

Rayhan Alim Jazz, - (2020) تأثير تطبيق نموذج التعليم التفاعلي باستخدم استراتيجية المناظرة النشطة في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكلام لدى الطلاب في المدرسة العالية الإسلامية الحكومية الأوى بكنبارو. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAYHAN ALIM JAZZ.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rayhan Alim Jazz, (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Strategi Debat Aktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Strategi Debat Aktif dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan Maharah Kalam Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Model Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Strategi Debat Aktif dalam pembelajaran bahasa Arab dapat berpengaruh untuk meningkatkan penguasaan Maharah Kalam Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru ?” Penelitian ini dimulai dari merancang langkah-langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian tes. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020, dengan sampel siswa kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B sebagai kelas kontrol Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI A dan XI B Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Strategi Debat Aktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Maharah Kalam Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Interaktif dengan menggunakan Strategi Debat Aktif dalam pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan Maharoh Kalam pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Karena nilai To = 3,98 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2,65 dan taraf signifikansi 5%= 2,00 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Model Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Strategi Debat Aktif dalam pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan Maharoh Kalam pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Interaktif dengan menggunakan Strategi Debat Aktif, Maharoh Kalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2021 23:40
Last Modified: 27 Jan 2021 15:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/36100

Actions (login required)

View Item View Item