PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE DISKUSI TERPIMPIN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 019 KAMPUNG PANJANG KECAMATAN KAMPAR UTARA

Rahmah, (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE DISKUSI TERPIMPIN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 019 KAMPUNG PANJANG KECAMATAN KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011123.pdf

Download (829kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Reseach).Berdasarkan hasil pengamatan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang menunjukkan kurangnya keaktifan siswa didalam belajar seperti : a) Saat proses belajar mengajar, hanya sebagian dari siswa yang ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, hal ini terlihat hanya sebagian dari siswa b) Dalam pembelajaran siswa cendrung lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan guru c) Adanya siswa yang sering keluar masuk kelas ketika guru menerangkan pembelajaran di kelas d) Anak sering melamun ataupun bercerita dengan teman sebangku ketika guru menerangkan materi pelajaran di depan kelas e) Kurangnya keinginan siswa dalam menjawab pertanyaan guru, ataupun mengajukan pertanyaan ketika pembelajaran di kelas. . Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut maka penulis menerapkan Metode Konsef Diskusi Terpimpin Kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah Mengenal rasul Allah SWT, pada Siklus I dan Siklus II, tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan Aktivitas Belajar . Aktivitas Belajar sebelum tindakan diperoleh ratarata persentase 43,2 ,dari siklus I diperoleh rata-rata persentase 52,6%, Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 77,1 hal ini menunjukan bahwa melalui Metode Konsef Diskusi Terpimpin Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 05:39
Last Modified: 21 Dec 2015 05:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item