Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBERIAN ZPT BAP DAN NAA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN JERUK JC (Citrus limonia Osbeck.) SECARA IN VITRO

Nadia Rasyidah Pratama, - (2020) PENGARUH PEMBERIAN ZPT BAP DAN NAA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN JERUK JC (Citrus limonia Osbeck.) SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permintaan bibit jeruk JC dari tahun ke tahun semakin meningkat bahkan pelanggan harus inden minimal 5-6 bulan untuk mendapatkan bibit jeruk yang diinginkan. Maka perlu adanya suatu teknik perbanyakan yang dapat menghasilkan bibit jeruk JC dalam waktu lebih singkat dan banyak yaitu teknik kultur jaringan. Pemberian ZPT BAP dan NAA untuk memaksimalkan hasil tanaman kultur jaringan yang diinginkan. Tujuan penelitian untuk mendapatkan konsentrasi terbaik BAP, NAA dan mendapatkan interaksi konsentrasi BAP dan NAA pada pertumbuhan eksplan tanaman jeruk JC (Citrus limonia Osbeck.). Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai September 2019 di Laboratorium Reproduksi dan Pemuliaan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 12 perlakuan dan 10 ulangan. Paramater yang diamati waktu muncul tunas, jumlah tunas, waktu muncul akar, jumlah akar, dan jumlah daun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi pada parameter jumlah daun tanaman jeruk JC pada perlakuan 2,5 mg/l BAP + 2 mg/l NAA yang menghasilkan jumlah daun sebanyak 15,90 helai. Pemberian konsentrasi 2,5 mg/l BAP merupakan konsentrasi terbaik dalam parameter waktu muncul tunas yaitu 9,20 hari. Pemberian konsentrasi 0 mg//l BAP merupakan konsentrasi terbaik dalam parameter waktu muncul akar dan jumlah akar yaitu 14,93 hari dan 1,93 buah akar. Pemberian konsentrasi 1,5 mg/l BAP merupakan konsentrasi terbaik dalam parameter jumlah tunas yaitu sebanyak 3,50 tunas. Kata kunci: BAP, Jeruk JC (Citrus limonia Osbeck.), NAA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 27 Jan 2021 15:47
Last Modified: 27 Jan 2021 15:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/35986

Actions (login required)

View Item View Item