Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan Pengawasan Pemilihan Kepala Desa Berdasarkan Peraturan Bupati Kampar Nomor 54 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa Serentak Bergelombang

Lidiya Nati Lova Kasi, Lidiya (2021) Pelaksanaan Pengawasan Pemilihan Kepala Desa Berdasarkan Peraturan Bupati Kampar Nomor 54 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa Serentak Bergelombang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (Skripsi Gabungan)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Pelaksanaan Pengawasan Pemilihan Kepala Desa berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa Serentak Bergelombang dikecamatan Salo Kabupaten Kampar ” Dan Peraturan Mentri Dalam Negeri Republik IndonesiaNomor 65 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Kepala Desa pada Pasal 5 ayat 3 tugas panitia pemilihan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf c, huruf e pelaksanaan dapat ditugaskan kepada Desa yang diatur dengan peraturan Bupati/Wali Kota. Pada peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Pengawasan Pemilihan Kepala Desa Serentak Bergelombang pada Pasal 59 dijelaskan bahwa panitia Pengawas Camat sebagai ketua, Sekretaris Kecamatan sebagai Sekretaris, Kepala Seksi Pemerintahan sebagai anggota, Kepala Seksi Trantib atau Kepala Seksi Kersa Kecamatam sebagai anggota, anggota Koramil sebagai anggota, anggota Polsek sebagai anggota. Dari latar belakang masalah tersebut, maka permasalahan yang dibahas selama penelitian ini adalah Pelaksanaan Pengawasan Pemilihan Kepala Desa Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2019 tentang Pengawasan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Bergelombang di Kecamatan Salo Kabupaten Kampar, dan Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat Pengawasan adalm Pelakasaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Bergelombnag di Kecamatan Salo Kbupaten Kampar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis yaitu penelitian lapangan yang bertitik tolak dari data perimer atau dasar yang diperoleh langsung dari camat dan sumber pertama melalui penelitian lapangan yang baik melalui wawancara ataupun kajian pustaka. Sifat dari penelitian ini adalah deskriftif, lokasi penelitian ini berada di kecamatan salo kabupaten kampar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, Peraturan Baupati Kampar Nomor 54 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Pengawasan Pemilihan Kepala Desa Serentak Bergelombang, Pelanksanaan Pengawasan belum terlaksana dengan baik karena pada hari h Pemilihan Kepala Desa Camat tidak hadir. Sedangkan faktor penghambat Dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Desa secara serentak ini adalah tempat TPS yang tidak strategis sedangkan banyak warga yang bertempat tinggal jauh dari tempat pemungutan suara atau TPS dan masih banyak warga terdaftar sebagai DPT namun tidak memberikan suaranya pada saat pemilihan Kepala Desa di karenakan kekurangan sosialisasi terkait Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Secara Serentak ini. Pendanaan yang minim fasilitas yang kurang memadai dalam pelaksanaan dari pemilihan kepala desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jan 2021 14:56
Last Modified: 27 Jan 2021 14:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/35970

Actions (login required)

View Item View Item