Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG BANGUN ALAT DETEKSI KELAYAKAN SUSU SAPI DAN SUSU KEDELAI MENGGUNAKAN SENSOR PH DAN SUHU BERBASIS ARDUINO (Studi Kasus di Pabrik Susu Sapi di Gunung Sago Pratama Nagari Sungai Kamunyang Payakumbuh dan CV. Pelangi di Jalan LabuhBaru)

M. AFIF IZZATY, - (2020) RANCANG BANGUN ALAT DETEKSI KELAYAKAN SUSU SAPI DAN SUSU KEDELAI MENGGUNAKAN SENSOR PH DAN SUHU BERBASIS ARDUINO (Studi Kasus di Pabrik Susu Sapi di Gunung Sago Pratama Nagari Sungai Kamunyang Payakumbuh dan CV. Pelangi di Jalan LabuhBaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

RANCANG BANGUN ALAT DETEKSI KELAYAKAN SUSU SAPI DAN SUSU KEDELAI MENGGUNAKAN SENSOR PH DAN SUHU BERBASIS ARDUINO (Studi Kasus di Pabrik Susu Sapi di Gunung Sago Pratama Nagari Sungai Kamunyang Payakumbuh dan CV. Pelangi di Jalan Labuh Baru) M. AFIF IZZATY 11455101931 Tanggal Sidang: 30 Juni 2020 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Susu adalah cairan yang berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia dan manusia. Menurut Standar Nasional Indonesia No. 3144.1:2011 tentang syarat mutu susu segar. Memberikan penilaian yang cukup akurat terhadap mutu susu apakah layak konsumsi atau tidak, dapat di lakukan dengan mengukur kadar asam susu tersebut. Namun tidak jarang diantara kita mengalami keraguan dalam mengetahui secara pasti apakah susu masih dalam keadaan segar atau sudah basi. Kepastian kesegaran susu perlu dibuktikan dengan menggunakan sebuah sarana yang akan memberikan informasi yang valid. Menurut SNI 3141.1:2011 syarat mutu susu sapi mempunyai pH 6.3 – 6.8 dan untuk susu kedelai menurut SNI 01- 3830-1995 mempunyai pH 6,5-7,0. Tersedia tombol pemilihan jenis susu yang diukur, yaitu tombol hijau untuk susu sapi segar dan tombol kuning untuk susu kedelai dan tombol merah untuk memulai pengukuran. Pendeteksi nilai pH pada susu sapi segar dan susu kedelai dilakukan dengan menggunakan sensor pH sen 1061 yang dapat mendetesi pH dari 0 – 14 dengan tegangan keluaran 0-5V. Sedangkan pembacaan suhu susu digunakan sensor LM35 dengan sensitivitas 10mV/0C. Tegangan keluaran sensor pH dan sensor suhu diubah menjadi data digital oleh ADC selanjutnya data digital ini oleh mikrokontroller pada papan arduino mengubahnya menjadi angka pH dan suhu. Mikrokontroller pada papan arduino membandingkan angka pH yang di dapat dengan pH acuan. Jika pH yang didapat dalam rentang SNI ditampilkan di LCD susu layak, sebaliknya jika pH lebih kecil atau lebih besar dari batasan acuan SNI maka di tampilkan di LCD susu tidak layak. Alat juga menampilkan nilai pH dan nilai suhu dari susu yang diukur. Pengukuran pH pada susu kedelai selama 120 menit menjadi tidak layak konsumsi dengan nilai Ph 6,49. Data ph susu sapi selama 120 menit diketahui bahwa susu sapi menjadi tidak layak konsumsi dengan nilai ph 6,28. Kata Kunci: Susu Sapi, Susu Kedelai, Sensor ph SEN 1061, Sensor Suhu LM35, ADC, Mikrokontroler, Arduino.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:30
Last Modified: 29 Jan 2021 03:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/35944

Actions (login required)

View Item View Item