Yunita Yanti, - (2019) ANALISIS KELAYAKAN BISNIS DARI ASPEK PASAR DAN PEMASARAN SERTA FINANSIAL PADA PENGEMBANGAN USAHA PT. PRATAMA ABADI GEMILANG PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
||
|
Text
SKRIPSI YUNITA YANTI.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Yunita Yanti, (2019): Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Pasar Dan Pemasaran Serta Finansial (Studi Kasus Pada PT. Pratama Abadi Gemilang) Penelitian inimembahas tentang analisis kelayakan bisnis ditinjau dari aspek pasar dan pemasaran serta finansial dengan latar belakang masalah kurangnya pemerataan distribusi produk Senna Nixxa di wilayah Provinsi Riau sehingga pemasaran dari produk tersebut kurang efektif. Maka dari itu, PT. Pratama Abadi Gemilang membuat sebuah rencana bisnis untuk memperluas area penjualan tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal. Pertama adalah untuk mengetahui apakah layak atau tidaknya pengembangan bisnis kerupuk Senna dan Nixxa pada PT. Pratama Abadi Gemilang. Kedua yaitu untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi syariah mengenai aspek pasar dan pemasaran dalam studi kelayakan bisnis. Jenis penelitian ini merupakan field research yang bersifat kualitatif dengan pendekatan penelitian teoritis-praktis. Adapun sumber data penelitian ini adalah Area Sales Supervisor (ASS) dan karyawan PT. Pratama Abadi Gemilang serta situs resmi PT. Titani Food. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan penelusuran refrensi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari aspek pasar dan pemasaran masih ada beberapa kota diluar kota Pekanbaru yang berpeluang meningkatkan jumlah pemasaran produk Senna Nixxa. Dari aspek finansial menunjukkan bahwa nilai NPV di angka 970.906.212 > 0, nilai analisa BCR di angka 1,396 > 1, Net B/C di angka 1,941 > 1, IRR 64,18% > 15% dan PP 1 tahun + 0,163 bulan x 12 bulan, yang mana keseluruhan hasil perhitungan diatas menunjukkan bahwa ekspansi ini layak untuk dijalankan. Danditinjau dari perspektif ekonomi syari’ah unsur dari pengambangan usaha ini harus dilakukan secara bersungguh-sungguh, disiplin dan dengan etos kerja yang tinggi sehingga menjadi nilai ibadah bagi setiap ummat yang melaksanakannya. Kata Kunci : Aspek Pasar dan Pemasaran, NPV, Benefit Cost Ratio, Net B/C, IRR, PP.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 02:32 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 02:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/35879 |
Actions (login required)
View Item |