Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Kematangan Emosi Remaja Kelas 1 A Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhoh Thawalib Bangkinang”

RONI MAZWAR, - (2020) Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Kematangan Emosi Remaja Kelas 1 A Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhoh Thawalib Bangkinang”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK “Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Kematangan Emosi Remaja Kelas 1 A Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhoh Thawalib Bangkinang” Pada masa remaja, perkembangan fisik seringkali membuat kesukaran dalam penyesuaian diri karna berbagai bentuk perubahan, karnanya pula remaja cenderung menyendiri sehingga mereka akan merasa terasing juga merasa kurang perhatian dari orang lain atau bahkan merasa tidak ada orang yang memperdulikannya, Sulitnya kontrol terhadap diri membuat remaja cepat marah dengan cara yang kurang wajar, Perilaku tersebut terjadi karna ada kecemasan pada diri remaja itu sendiri yang menandakan ketidak mampuan mengontrol emosiya dengan baik. Mencapai kematangan emosi merupakan tugas perkembangan yang tidak mudah bagi remaja, proses ini tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi internal saja melainkan juga kondisi eksternal dari individu tersebut yaitu kondisi sosial dan emosional dari lingkungannya, terutama keluarganya sebagaimana dikatakan bahwa keluarga adalah lingkungan hidup pertama dan utama bagi anak, dari keluarga pula anak mendapatkan rangsangan, hambatan yang berpengaruh pada perkembangan biologis dan emosi. Penelitian ini bertujuan membuktikan apakah benar keharmonisan keluarga mempengaruhi kematangan Emosi dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif pada Remaja kelas 1 A Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhoh Thawalib Bangkinang. Hasil Penelitian diperoleh dari Uji Regresi Linier didapat nilai t hitung ≥ t tabel (5,047 ≥ 2,034), artinya Ho ditolak dan Ha diterima, Selanjutnya berdasarkan uji probabilitas diketahui bahwa nilai probabilitas lebih besar dari nilai signifikan (0,05) ≥ (0,000), artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka disimpulkan terdapat pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kematangan emosi remaja kelas 1 A Aliyah Pondok Pesantren Daarun Nahdhoh Thawalib Bangkinang. Kata kunci : Pengaruh Keharmonisan Keluarga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 155 Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 25 Jan 2021 10:20
Last Modified: 25 Jan 2021 10:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/35878

Actions (login required)

View Item View Item