Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penyaluran Dana Zakat Produktif Terhadap Pengembangan Usaha Produktif Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Suci Rahmadani, Suci (2021) Pengaruh Penyaluran Dana Zakat Produktif Terhadap Pengembangan Usaha Produktif Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Skripsi Gabungan)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah peneliti menemukan permasalahan di BAZNAS Kabupaten Solok pada penyaluran dana zakat bahwa para pelaku usaha produktif tidak menggunakan dana zakat tersebut secara produktif tetapi pelaku usaha produktif menggunakan dana zakat tersebut untuk keperluan konsumtif, sehingga peneliti ingin mengetahui pengaruh penyaluran dana zakat terhadap pengembangan usaha produktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyaluran dana zakat produktif terhadap pengembangan usaha produktif pada badan amil zakat nasional (BAZNAS) Kabupaten Solok, Sumatera Barat dan tinjauan ekonomi Islam mengenai pengembangan usaha produktif pada badan amil zakat nasional (BAZNAS) Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 56 orang responden. Teknik pengambilan sampel dengan cara simpel random sampling atau teknik pengambilan sampel secara acak sederhana. Sumber data penelitian ini yaitu data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa literatur, jurnal dan data-data yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS Versi 23. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil persamaan regresi linear sederhana Y = 5,395 + 0,810 dimana terdapat pengaruh yang signifikan antara Penyaluran Dana Zakat Produktif terhadap Pengembangan Usaha Produktif pada BAZNAS Kabupaten Solok. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung> ttabelyaitu 10,937 > 1,67356 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil koefisien korelasi sebesar 0,830 yang berarti bahwa korelasi antara Penyaluran Dana Zakat Produktif terhadap Pengembangan Usaha Produktif memiliki hubungan yang sangat kuat. Dan hasil koefisien determinasi sebesar 0,689 yang artinya Penyaluran Dana Zakat Produktif memberikan pengaruh sebesar 68,9% terhadap Pengembangan Usaha Produktif dan 31,1% Pengembangan Usaha Produktif dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Adapun tinjauan ekonomi Islam mengenai pengembangan usaha produktif pada badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Solok sudah memenuhi syariat Islam yaitu penyaluran zakat diberikan kepada mereka yang memang berhak menerimanya, penyaluran secara lokal dengan memperhatikan mustahiq yang berada di beberapa wilayah di Kab. Solok dan penyaluran yang adil yang sesuai dengan kebutuhan dana yang dibutuhkan oleh usaha mustahiq.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif, BAZNAS, Mustahiq
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Jan 2021 03:32
Last Modified: 23 Jan 2021 03:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/35294

Actions (login required)

View Item View Item