ANALISA QUALITY OF SERVICE(QOS) JARINGAN INTERNET KAMPUS (STUDI KASUS: UIN SUSKA RIAU)

Alvinur Hidayat, (2014) ANALISA QUALITY OF SERVICE(QOS) JARINGAN INTERNET KAMPUS (STUDI KASUS: UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
fm.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
em.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

UIN SUSKA RIAU memiliki fasilitas internet yang dapat diakses disetiap gedung utama kampus yang dikelola oleh Puskom. Layanan internet dapat digunakan dengan account yang didaftarkan di sebelumnya. Puskom membagi dua kategori account untuk mengakses layanan internet di lingkungan UIN SUSKA RIAU yaitu staff/dosen dengan bandwidth 384Kbps dan mahasiswa sebesar 128Kbps. Namun beberapa staff, dosen, dan mahasiswa mengeluhkan lambatnya akses layanan internet yang mereka dapatkan, sehingga perlu dilakukan penelitian pengukuran Quality of Service (QoS) jaringan internet UIN SUSKA RIAU. Pengambilan sampel dilakukan terhadap akses web detik.com dengan hasil 29% packet loss, nilai dari sampel packet loss yang diperoleh termasuk dalam kategori kualitas Buruk berdasarkan standar QoS yang dikeluarkan oleh ETSI (European Telecommunications Standards Institute) pada projek TIPHON (Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks). Peneltian ini menggunakan empat parameter QoS yaitu: Throughput, Delay, Jitter, Packet Loss yang diuji pada layanan social media, e-mail, file download, dan streaming. Pengujian dilakukan disetiap gedung kampus yang menyediakan layanan Wi-fi area menggunakan account mahasiswa dan staff/dosen dengan cara mengakses facebook.com, gmail.com, filehippo.com, youtube.com pada jam sibuk pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB dan jam sepi 15.00 WIB sampai 17.30 WIB. Berdasarkan hasil pengujian empat parameter QoS yang digunakan, diperoleh kesimpulan bahwa tiga dari empat parameter uji pada account mahasiswa tergolong pada kategori Buruk dan account staff/dosen tergolong pada kategori Sedang. Kata kunci: Account, Delay, ETSI, Jitter, Packet Loss, QoS, Throughput.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 23 Apr 2016 09:01
Last Modified: 23 Apr 2016 09:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3509

Actions (login required)

View Item View Item