Alvinur Hidayat (2014) ANALISA QUALITY OF SERVICE(QOS) JARINGAN INTERNET KAMPUS (STUDI KASUS: UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (133kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
UIN SUSKA RIAU memiliki fasilitas internet yang dapat diakses disetiap gedung utama kampus yang dikelola oleh Puskom. Layanan internet dapat digunakan dengan account yang didaftarkan di sebelumnya. Puskom membagi dua kategori account untuk mengakses layanan internet di lingkungan UIN SUSKA RIAU yaitu staff/dosen dengan bandwidth 384Kbps dan mahasiswa sebesar 128Kbps. Namun beberapa staff, dosen, dan mahasiswa mengeluhkan lambatnya akses layanan internet yang mereka dapatkan, sehingga perlu dilakukan penelitian pengukuran Quality of Service (QoS) jaringan internet UIN SUSKA RIAU. Pengambilan sampel dilakukan terhadap akses web detik.com dengan hasil 29% packet loss, nilai dari sampel packet loss yang diperoleh termasuk dalam kategori kualitas Buruk berdasarkan standar QoS yang dikeluarkan oleh ETSI (European Telecommunications Standards Institute) pada projek TIPHON (Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks). Peneltian ini menggunakan empat parameter QoS yaitu: Throughput, Delay, Jitter, Packet Loss yang diuji pada layanan social media, e-mail, file download, dan streaming. Pengujian dilakukan disetiap gedung kampus yang menyediakan layanan Wi-fi area menggunakan account mahasiswa dan staff/dosen dengan cara mengakses facebook.com, gmail.com, filehippo.com, youtube.com pada jam sibuk pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB dan jam sepi 15.00 WIB sampai 17.30 WIB. Berdasarkan hasil pengujian empat parameter QoS yang digunakan, diperoleh kesimpulan bahwa tiga dari empat parameter uji pada account mahasiswa tergolong pada kategori Buruk dan account staff/dosen tergolong pada kategori Sedang. Kata kunci: Account, Delay, ETSI, Jitter, Packet Loss, QoS, Throughput.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 23 Apr 2016 09:01 |
Last Modified: | 23 Apr 2016 09:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3509 |
Actions (login required)
View Item |