Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI RIAU TELEVISI DALAM MEMPERTAHANKAN BUDAYA LOKAL MELALUI PROGRAM SENANDUNG MELAYU

YALDI AROBBY, - (2020) STRATEGI RIAU TELEVISI DALAM MEMPERTAHANKAN BUDAYA LOKAL MELALUI PROGRAM SENANDUNG MELAYU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI YALDI AROBBY.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Yaldi Arobby Jurusan : Ilmu Komunikasi Nim : 11643100742 Judul : Strategi Riau Televisi Dalam Mempertahankan Budaya Lokal Melalui Program Senandung Melayu. Mempertahankan budaya lokal sangat penting di arus globalisasi yang semakin canggih. Mengingat hal tersebut, televisi lokal harus memiliki strategi dalam mempertahankan budaya lokal dari serangan budaya asing. Televisi lokal dituntut memperkuat nilai-nilai budaya lokal dengan menggali potensi dari daerah yang bersangkutan, dan harus mampu membuat terobosan baru dengan menampilkan seniman, artis serta komunitas budaya lokal untuk terus melestarikan budayabudaya yang ada disekitarnya. Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui strategi Riau Televisi dalam mempertahankan budaya lokal melalui program Senandung Melayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data di peroleh dari data primer dan data sekunder, yaitu Penanggung Jawab Program, Produser dan Tim Kreatif Program. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi Riau Televisi dalam mempertahankan budaya lokal melalui program senandung melayu dibentuk berdasarkan 3 indikator yaitu: 1) Perumusan strategi, melakukan sosialisasi, menentukan biaya produksi, dan menentukan jam tayang dan sasaran program. 2) Implementasi strategi, membentuk tim produksi program sesuai dengan struktur organisasi, menentukan tempat dan waktu produksi sesuai dengan tema yang diangkat. 3) Evaluasi strategi, melakukan evaluasi program setelah penayangan program mencapai target untuk di evaluasi dan untuk mengetahui berhasil atau tidaknya strategi yang telah diterapkan. Kata kunci : Strategi, Budaya lokal, Televisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 25 Jan 2021 09:40
Last Modified: 25 Jan 2021 09:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/35054

Actions (login required)

View Item View Item