Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING COOPERATING, AND TRANSFERRING (REACT) DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI

Wahyu Mulyani, - (2020) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING COOPERATING, AND TRANSFERRING (REACT) DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img]
Preview
Text
WAHYU MULYANI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ix Wahyu Mulyani, (2020): Perbandingan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi . Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design yang dilakukan terhadap dua kelas, yaitu kelas ekseperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih diterapkannya metode konvensional dalam pembelajaran kimia dan hasil belajar kimia siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kemampuan kognitif siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran REACT dan CTL pada pokok bahasan laju reaksi. Sampel dalam penelitian ini kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen 2, dimana pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model REACT adalah 93,94 sedangkan menggunakan model CTL adalah 89,39. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji mann whitney, maka diperoleh nilai signifikan 0,009, yang berarti kecil dari 0,05 atau dapat dinyatakan 0,009 < 0,05. Sehingga Ha diterima, yang berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran REACT dengan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran CTL. Kata Kunci: Hasil Belajar, REACT, CTL. Laju Reaksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jan 2021 01:49
Last Modified: 26 Jan 2021 01:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/35052

Actions (login required)

View Item View Item