Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION PADA MATERI ASAM-BASA

Saidah Fitri, - (2020) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION PADA MATERI ASAM-BASA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SAIDAH FITRI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Saidah Fitri, (2020): Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Intruction Pada Materi Asam-Basa Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar keterampilan berfikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 di kelas XI MIA MA Muhammadiyah Pekanbaru dengan materi Asam-basa. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan desain penelitian The One Shot Case Study. Sampel penelitian ini terdiri dari 17 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, lembar observasi, dan wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada kelima sub indikator berfikir kritis memiliki presentase yang bervariasi. Sub Indikator yang yang memperoleh presentase tertinggi yaitu pada sub indikator bertanya dan menjawab suatu penjelasan atau tantangan.sebanyak 86,76% dengan kategori sangat baik, sub indikator membuat deduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi sebanyak 83,82% dengan kategori sangat baik dan sub indikator mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak sebesar 72,79%. Untuk sub indikator mengidentifikasi asumsi sebesar 70,59% dengan kategori baik. Sedangkan aspek dengan persentase terkecil yaitu pada sub indikator memutuskan suatu tindakan sebesar 68,38% dengan kategori cukup. Dapat disimpulkan bahwa pencapaian keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam-basa secara keseluruhan dengan persentase rata– rata sebesar 76,47 % dengan kategori baik. Kata Kunci: Problem Based Instruction (PBI), Berpikir Kritis, Asam-basa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2021 08:55
Last Modified: 24 Jan 2021 08:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/35051

Actions (login required)

View Item View Item