Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK PROBING-PROMPTING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Hari Desupra, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK PROBING-PROMPTING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Hari Desupra, (2018): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Probing-Prompting terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif dengan Teknik Probing-Prompting terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan awal siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 1 Rambah Samo tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, terpilih kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t, pearson product moment dan anova dua arah (two factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan Teknik Probing-Prompting terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas Kontrol dan kelas eksperimen. Hasilnya diperoleh bahwa Fhitung > Ftabel pada taraf signifikan 5% diperoleh 4,4296 > 4,03. 2) Besar kontribusi kemampuan awal terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis adalah 51,68% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasilnya diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel pada taraf signifikan 5% diperoleh -6,9817 < 3,18. Kata kunci : Probing-Prompting, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 Feb 2021 05:08
Last Modified: 02 Feb 2021 05:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/34979

Actions (login required)

View Item View Item