Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS PENYALURAN PROJECT KLASTER BERDAYA TERHADAP PENINGKATAN TARAF EKONOMIMASYARAKAT MENURUT EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI KELURAHAN SAIL KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU)

IMAM BUSYAIRI AMRULLAH, - (2021) EFEKTIFITAS PENYALURAN PROJECT KLASTER BERDAYA TERHADAP PENINGKATAN TARAF EKONOMIMASYARAKAT MENURUT EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI KELURAHAN SAIL KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img]
Preview
Text
gabunagn kecuali bab iv.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah Efektifitas Project Klaster Berdaya Terhadap Peningkatan Taraf EkonomiMasyarakat Penelitan ini dilatar belakangi adanya program pemberdayaan terhadap ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh PKPU di Kelurahan Sail, Kecamatan Tenayan Raya. Hal ini dapat dilihat dari adanya pelaksanaan program project klaster berdaya yang dilakukan oleh PKPU di Kelurahan Sail, Kecamatan Tenayan Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penyaluran project klaster berdaya, mengetahui efektifitas pemanfaatan project klaster berdaya, mengetahui peranan fasilitator project klaster berdaya terhadap masyarakat penerima manfaat, dan mengetahui tinjauan Ekonomi Islam tentang project klaster berdaya terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. .Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang berlokasi di Kelurahan Sail, Kecamatan Tenayan Raya. Populasi ini berjumlah 26 Orang, yang terdiri dari 7 karyawan PKPU dan 19 masyarakat penerima manfaat, dari populasi yang ada maka penulis menjadikan populasi sebagai sampel dengan menggunakan metode Total Sampling yang terdiri dari 7 Orang karyawan PKPU, dan menggunakan teknik Accidental Sampling yang terdiri dari 8 orang penerima manfaat. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Langkah-langkah penelitian dilakukan penulis yaitu metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode analisa kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah Efektifitas Project Klaster berdaya yang dilakukan PKPU di Kelurahan Sail, Kecamatan Raya Pekanbaru, dalam penyaluran project klaster berdaya telah sesuai dengan prosedur dari PKPU, pemanfaatan project klaster berdaya dilakukan dengan baik oleh masyarakat penerima manfaat sesuai aturan PKPU, peningkatan pendapatan masyarakat kini dapat dirasakan hingga 35% dari pendapatan sebelumnya sebagai pengrajin batu bata, peran fasilitator project klaster berdaya mempermudah urusan penerima manfaat dalam menjalankan usaha masyarakat, dan dalam tinjauan ekonomi islam telah sesuai dengan prinsip ekonomi islam yaitu berasaskan prinsip tolong-menolong, berlaku adil dan kerja keras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 21 Jan 2021 06:12
Last Modified: 21 Jan 2021 06:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/34878

Actions (login required)

View Item View Item