Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERFORMA BURUNG PUYUH (Coturnix coturnix japonica) UMUR 1–35 HARI YANG DIBERIKAN BUNGKIL INTI SAWIT SEBAGAISUBSTITUSI BUNGKIL KEDELAI DALAM FORMULASI RANSUM

ABDURRAHMAN NASUTION, - (2021) PERFORMA BURUNG PUYUH (Coturnix coturnix japonica) UMUR 1–35 HARI YANG DIBERIKAN BUNGKIL INTI SAWIT SEBAGAISUBSTITUSI BUNGKIL KEDELAI DALAM FORMULASI RANSUM. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Bungkil inti sawit (Palm Kernel Cake) merupakan salah satu limbah yang potensial dan dapat dijadikan sebagai bahan pakan dalam formulasi ransum karena kandungan proteinnya yang cukup baik untuk ternak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian bungkil inti sawit (Palm Kernel Cake) dalam ransum basal terhadap performa burung puyuh yang dilihat dari (konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum dan income over feed cost (IOFC) burung puyuh). Materi penelitian ini menggunakan 160 ekor burung puyuh jantan yang dibagi secara acak berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Tiap-tiap perlakuan terdiri atas 8 ekor puyuh. Perlakuan yang diberikan yaitu P1 (ransum basal 0% bungkil inti sawit + 30% bungkil kedelai), P2 (ransum basal 10% bungkil inti sawit + 20% bungkil kedelai), P3 (ransum basal 20% bungkil inti sawit + 10% bungkil kedelai) dan P4 (ransum basal 30% bungkil inti sawit + 0% bungkil kedelai). Parameter yang diukur adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum, dan income over feed cost (IOFC)burung puyuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi ransum, konversi ransum, dan income over feed cost (IOFC) namun tidak berpengaruh terhadap pertambahan bobot badan burung puyuh. Disimpulkan bahwa penambahan bungkil inti sawit hingga level 30% dalam ransum tidak dapat meningkatkan peforma burung puyuh, ditinjau dari konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum dan income over feed cost (IOFC). Kata kunci: burung puyuh, konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum, dan income over feed cost (IOFC).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 28 Jan 2021 03:36
Last Modified: 28 Jan 2021 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/34851

Actions (login required)

View Item View Item