Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Pemasaran Tepung Tapioka Home Industri Singkong Rizki Tani Kelurahan Balai Raja Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis Menurut Ekonomi Syariah”

BAYU NUR SUHADA, - (2021) Analisis Pemasaran Tepung Tapioka Home Industri Singkong Rizki Tani Kelurahan Balai Raja Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis Menurut Ekonomi Syariah”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img]
Preview
Text
GABUNNGA KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah : “Analisis Pemasaran Tepung Tapioka Home Industri Singkong Rizki Tani Kelurahan Balai Raja Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis Menurut Ekonomi Syariah” Dari judul diatas terdapat Latar Belakang masalah bahwasanya Singkong merupakan salah satu tanaman pangan unggulan di Indonesia. Singkong cukup baik dibudidayakan pada tanah yang subur, yang arealnya cukup luas di Provinsi Riau. Cara berusaha tani singkong relatif mudah, sehingga para petani tetap membudidayakannya. Selain sebagai bahan pangan, singkong banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pengolahan berbagai agroindustri. Semakin berkembangnya teknologi, singkong memiliki manfaat lain di bidang non pangan yaitu digunakan sebagai bahan baku biofuel dan bioetanol. Beberapa negara di dunia pun mengolah singkong untuk dijadian bahan baku industri seperti industri pakan, tekstil, kertas, perekat, farmasi, dan lain-lainnya.. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Balai Raja Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis. Lokasi penelitian ini dipilih karena banyak dijumpai usaha home industri singkong yang membuat tepung tapioka dan di pasarkan secara tradisional Subjek penelitian ini adalah pimpinan dan kepala bagian pemasaran home industri di Kelurahan Balai Raja Objek Penelitian adalah Pemasaran Tepung Tapioka pada usaha home industriy Singkong di Kelurahan Balai Raja populasi yang diteliti adalah pimpinan dan kepala bagian pemasaran home industry singkong Rizki Tani di Kelurahan Balai Raja Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis Hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil Pemasaran pada home industri Rizki Tani telah berjalan sesuai dengan syariah dan pihak home industri Rizki Tani telah melakukan strategi pemasaran menggunkan marketing mix, yaitu 4P (Product, Price, Place, dan Promotion). Dimana segala operasional internal dan eksternal berjalan sesuai dengan semestinya. Dengan adanya home industri Rizki Tani para masyarakat disekitar home industri mendapatkan manfaat yaitu pemasukan dalam perekonomian keluarga mereka. Dan pihak home industri membangun desa Balai Raja dengan mengajak para petani untuk menanam singkong yang nantinya dibeli untuk bahan pokok home industri Rizki Tani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jan 2021 13:28
Last Modified: 27 Jan 2021 13:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/34364

Actions (login required)

View Item View Item