Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTA PEKANBARU NOMOR 10 TAHUN 2006 TENTANG SUMBER DAYA AIR DAN SUMUR RESAPAN MENURUT KAJIAN FIQH SIYASAH

SURYA PRATAMA SIMARMATA, - (2021) PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KOTA PEKANBARU NOMOR 10 TAHUN 2006 TENTANG SUMBER DAYA AIR DAN SUMUR RESAPAN MENURUT KAJIAN FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SURYA PRATAMA simarmata.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak Judul skripsi ini adalah Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 10 Tahun 2006 Tentang Sumber Daya Air Dan Sumur Resapan Menurut KajianFiqh Siyasah. Pemerintah Kota Pekanbaru Mengeluarkan aturan untuk mengatasi terjadinya banjir ketika hujan turun. Kebijakan pemerintah daerah Kota Pekanbaru tentang sumber daya air dan sumur resapan dalam Pelaksanaannya tidak berjalan maksimal. Di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan masih ada saja bangunan yang tudak mengikutsertakan keberadaan sumur resapan sebagai salah satu kewajiban yang harus dipenuhi pamilik bangunan untuk mencegah banjir dan mengkonservasi sumber daya air. Padahal Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2006 telah mengintruksikan bahwa mewajibkan setiap bangunan memiliki sumur resapan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2006 Tentang Sumber Daya Air dan Sumur Resapan di Kota Pekanbaru khusus nya di Kelurahan Sidomulyo Barat. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 10 Tahun 2006 Tentang Sumber Daya Air dan Sumur Resapan di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan. Untuk mengetahui faktor penghambat terlaksananya Peraturan Daerah Kota Pekanbaru Nomor 10 tahun 2006 Tentang Sumber Daya Air dan Sumur Resapan di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan. Sesuai dengan karakteristik penelitian yang dilaksanakan maka metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Pekanbaru. Teknik sampling yang digunakan adalah Ramdom Sampling. Kemudian, hasil dari penelitian mendapati bahwa masih banyak masyarakat yang tidak membangun sumur resapan, dari 100 responden yang peneliti berikan angket, sebesar 64 persen tidak pernah membangun sumur resapan di bangunan yamg mereka tempati. Selain itu peraturan ini tidak maksimal berjalan disebabkan oleh beberapa faktor, yakni komunikasi, sumber daya manusia dan pengawasan yang ada di dalam internal Dinas Pekerjaan Umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jan 2021 02:12
Last Modified: 20 Jan 2021 02:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/34211

Actions (login required)

View Item View Item