ANALISIS STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN DALAM PEMBERIAN KREDIT (STUDI KASUS PADA UNIT SIMPAN PINJAM SWAMITRA DI KOPERASI PERDAGANGAN DAN JASA SAIL JAYA 2018-2019)

ABDUL HAFIZ HIDAYATULLAH, - (2021) ANALISIS STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN DALAM PEMBERIAN KREDIT (STUDI KASUS PADA UNIT SIMPAN PINJAM SWAMITRA DI KOPERASI PERDAGANGAN DAN JASA SAIL JAYA 2018-2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

“ANALISIS STRUKTUR PENGENDALIAN INTERN DALAM PEMBERIAN KREDIT (STUDI KASUS PADA UNIT SIMPAN PINJAM SWAMITRA DI KOPERASI PERDAGANGAN DAN JASA SAIL JAYA 2018-2019)” ABSTRAK Peranan swamitra sebagai lembaga keungan mikro sangat besar sekali manfaatnya, terutama bagi pengusaha kecil, menengah dan koperasi. Dengan swamitra kredit dapat lebih mudah diperoleh sehingga pengusaha kecil yang selama ini menghadapi kendala permodalan dapat mengatasinya dan pada akhirnya laju pertumbuhan dan pemerataan ekonomi melalui usaha ekonomi berbasis kerakyatan akan tumbuh dengan sendirinya. Untuk itu Swamitra harus melakukan pengelolaan kredit dengan sebaik-baiknya mulai dari perencanaan jumlah kredit, penentuan suku bunga, prosedur pemberian kredit, analisa pemberian kredit sampai pengendalian kredit macet. Adapun tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah struktur pengendalian intern dalam pemberian kredit pada Unit Simpan Pinjam Swamitra Koperasi perdagangan dan Jasa Sail Jaya Pekanbaru sudah berjalan secara efektif. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah USP Swamitra Koperasi Perdagangan dan Jasa Sail Jaya Pekanbaru merupakan salah satu bentuk realisasi dari misi Bank Bukopin untuk ikut berperan aktif mengembangkan usaha kecil dan koperasi, melalui kerjasama dengan koperasi untuk membentuk kantong (outlet) untuk pelayanan anggota Swamitra. Di dalam analisis unsur struktur pengendalian intern dalam prosedur pemberian kredit terdapat lima unsur yaitu: lingkungan pengendalian yang meliputi nilai integritas dan etika, komitmen terhadap kompetensi, partisipasi dewan komisaris atau komite audit, filosofo dan gaya operasi perusahaan, struktur organisasi, pembagian wewenang dan pembebanan tanggung jawab, kebijakan dan praktek sumber daya manusia, kemudian penafsiran risiko, informasi dan komunikasi, aktivitas pengendalian dan yang terakhir pemantauan. Secara keseluruhan struktur pengendalian intern pada Unit Simpan Pinjam Swamitra Koperasi Perdagangan dan Jasa Sail Jaya Pekanbaru telah berjalan secara efektif namun dalam hal pelaksanaannya masih di jumpai kredit macet, hal ini disebabkan karena pemisahan fungsi yang belum memadai didalam struktur organisasi sehingga menyebabkan Account Ofiicer masih belum optimal dalam melaksanakan pembinaan dan pemantauan kepada debitur sehingga permasalahannya baru diketahui pada saat jatuh tempo, pada akhirnya berakibat terhadap kewajiban debitur kepada Swamitra. Kata Kunci: Struktur Pengendalian Inter, Prosedur Pemberian Kredit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 20 Jan 2021 02:13
Last Modified: 21 Jan 2021 06:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/34142

Actions (login required)

View Item View Item