Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, PROFITABILITAS, PENGHINDARAN PAJAK, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017—2019

RIA JENNETI, - (2020) PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, PROFITABILITAS, PENGHINDARAN PAJAK, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017—2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, PROFITABILITAS, PENGHINDARAN PAJAK, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2017—2019 OLEH : RIA JENNETI NIM.11473202304 Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena penurunan laba pada beberapa perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh asimetri informasi, profitabilitas, penghindaran pajak, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang terdaftar di BEI tahun 2017—2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di BEI Tahun 2017—2019 yang dipublikasikan melalui website idx.co.id. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 perusahaan yang terdaftar dalam peruhasaaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang terdiri dari 48 laporan tahunan perusahaan. Dari pengujian hipotesis diperoleh beberapa simpulan sebagai berikut. Pertama, secara parsial variabel asimetri informasi berpengaruh signifikan negatif terhadap variabel manajemen laba dengan tingkat signifikan sebesar 0,0114. Kedua, secara parsial variabel profitabilitas berpengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba dengan tingkat signifikan sebesar 0,0227. Ketiga, secara parsial penghindaran pajak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dengan tingkat signifikan sebesar 0,0003. Keempat, leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dengan signifikansi sebesar 0,4077. Kelima, ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba dengan signifikansi sebesar 0,3894. Secara simultan asimetri informasi, profitabilitas, penghindaran pajak, leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kata Kunci: Asimetri Informasi, Profitabilitas, Penghindaran Pajak, leverage, Ukuran Perusahaan dan Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 20 Jan 2021 02:07
Last Modified: 20 Jan 2021 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/34135

Actions (login required)

View Item View Item