Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMANFAATAN TEPUNG DAUN ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) YANG DIFERMENTASI DENGAN Aspergillus niger DALAM RANSUM TERHADAP ORGAN PENCERNAAN AYAM RAS PEDAGING

Defitri Yenti, - (2021) PEMANFAATAN TEPUNG DAUN ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) YANG DIFERMENTASI DENGAN Aspergillus niger DALAM RANSUM TERHADAP ORGAN PENCERNAAN AYAM RAS PEDAGING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img]
Preview
Text
Final Skripsi Defitri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PEMANFAATAN TEPUNG DAUN ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) YANG DIFERMENTASI DENGAN Aspergillus niger DALAM RANSUM TERHADAP ORGAN PENCERNAAN AYAM RAS PEDAGING Defitri Yenti (11581202308) Di bawah bimbingan Evi Irawati dan Anwar Efendi Harahap INTISARI Eceng gondok (Eichchornia crassipes) merupakan gulma air yang memiliki kandungan gizi yang cukup baik. Namun perlu dilakukan pengolahan terlebih dahulu untuk meningkatkan kualitas gizinya, salah satunya dengan cara fermentasi. Ayam ras pedaging merupakan jenis ayam unggul dalam pertambahan bobot badan yang bertujuan untuk memproduksi daging. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui bobot dan panjang organ pencernaan (proventrikulus, ventrikulus, usus halus) ayam pedaging yang diberi ransum tepung daun eceng gondok (Eichornia crassipes) yang difermentasi dengan Aspergillus niger. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2020 di kandang percobaan Laboratorium UIN Agriculture Research and Devolopment Station (UARDS) dan Laboratorium Produksi Ternak Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan. Setiap perlakuan terdiri atas P0 Ransum tanpa tepung daun eceng gondok fermentasi, P1 Ransum + 2% tepung daun eceng gondok fermentasi, P2 Ransum + 4% tepung daun eceng gondok fermentasi, P3 Ransum + 6% tepung daun eceng gondok fermentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan memberikan pengaruh tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap bobot proventrikulus, ventrikulus, usus halus dan panjang usus halus. Kesimpulannya adalah penambahan tepung daun eceng gondok (Eichornia crassipes) yang difermentasi dengan Aspergillus niger hingga 6% dalam ransum belum mampu meningkatkan organ pencernaan (proventrikulus, ventrikulus, usus halus). Kata Kunci : Eceng gondok, fermentasi, ayam ras pedaging, Aspergillus niger, organ pencernaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 19 Jan 2021 09:00
Last Modified: 19 Jan 2021 09:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/34130

Actions (login required)

View Item View Item