Norhaizum Bin Mohamed Norhasan Sazali (2014) IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING KARIR PADA SANTRI MADRASAH ALIYAH UMMATAN WASATHAN PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (44kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Dunia pekerjaan merupakan bagian besar daripada cita-cita para anak-anak yang bergelar siswa. Sejak kecil anak-anak sudah menyatakan impian dan harapan mereka. Mereka harus membuat pilihan sewaktu melangkah ke tingkat yang lebih tinggi seperti di Madrasah Aliyah atau yang setahap dengannya. Namun masih banyak yang kurang mengetahui pekerjaan apa yang sesuai dengan diri serta pengetahuan yang terbatas mengenai macam-macam pekerjaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara implementasi atau pelaksanaan bimbingan dan konseling Guru pembimbingnya merupakan tamatan BKI UIN SUSKA RIAU yang menjadi guru Bimbingan Konseling yang keempat di Madrasah Aliyah tersebut. Masalah yang didapatkan dari santri adalah mereka mempunyai pengetahuan yang terbatas tentang macam-macam jenis pekerjaan di luar sana. Namun mereka mempunyai potensi dan kompetensi dalam menguasai dua bahasa, yaitu Bahasa Arab dan Inggris. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang sumber data primernya diperoleh langsung dari guru Bimbingan dan Konseling yaitu Ibu Fitri Aini. Sedangkan data sekundernya adalah yang bersumber dari dokumentasi Bimbingan Konseling Madrasah Aliyah Ummatan Wasathan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data ini dikumpul dan dianalisa secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapatlah disimpulkan bahwa implementasi bimbingan dan konseling karir yang telah dilaksanakan oleh guru Bimbingan dan Konseling adalah baik berdasarkan pedoman bimbingan karir yang diguna di semua sekolah di Indonesia. Guru BK berhasil mengimplementasi hampir kesemua program yang diberikan dalam buku pedoman. Adapun program yang tidak dapat dilaksanakan oleh guru BK adalah disebabkan oleh faktor –faktor penghambat seperti kekurangan fasilitas/transportasi serta pengetahuan dan pengalaman yang kurang oleh guru BK sendiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 19 Apr 2016 05:51 |
Last Modified: | 19 Apr 2016 05:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/3346 |
Actions (login required)
View Item |