ANISA, - (2020) STRATEGI BAURAN PROMOSI KERONCONGANTAR.COM DALAM MEMPROMOSIKAN KULINER DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RIau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : ANISA Program Studi : Ilmu Komunikasi Judul Penelitian : Strategi Bauran Promosi Keroncongantar.com dalam Mempromosikan Kuliner di Pekanbaru Keroncongantar.com merupakan bisnis online yang bergerak dibidang kuliner dan katering yang didirikan sejak 2016 di Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan omset yang cukup meningkat selama 5 tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui bagaimana strategi bauran promosi keroncongantar.com dalam mempromosikan kuliner di Pekanbaru. Bauran promosi merupakan salah satu cara untuk dapat membantu perusahaan tersebut dalam mempromosikan produknya melalui iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, publikasi, dan pemasaran langsung. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deksriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan atau melukiskan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Informan pada penelitian ini yaitu Chief Executive Officer, Chief Operational Officer, dan Chief Marketing Officer. Informan sebagai sumber data, data-data yang disajikan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam teknik penelitian ini adalah model proses analisis data Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian strategi bauran promosi yang dilakukan oleh keroncongantar.com utuk mempromosikan kuliner diantaranya: a) Periklanan memanfaaatkan media online website dan sosial media seperti facebook dan instagram untuk melakukan kegiatan promosi. b) Promosi penjualan dengan mengadakan potongan harga, cashback, dan delivery service (free ongkir), c) Hubungan masyarakat dengan mengadakan kegiatan nasi box umat, membagikan jamu sirih aren gratis kepada paramedis RS Prima, membantu UMKM pedagang keliling, serta kegiatan tersebut dimuat di artikel website keroncongantar.com. Website digunakan oleh keroncongantar.com sebagai media utama karena fiturnya lengkap dan mudah bagi konsumen untuk mengaksesnya. d) Pemasaran langsung adalah komunikasi yang biasanya menggunakan telepon, e-mail, internet, surat, facsimile untuk berkomunikasi secara langsung atau meminta tanggapan serta berdialog dengan konsumen tertentu dan calon konsumen. Kata Kunci: Strategi Bauran Promosi, Mempromosikan, Keroncongantar.com
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 08:52 |
Last Modified: | 18 Jan 2021 08:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/33433 |
Actions (login required)
View Item |