Nurul Afrianti, - (2021) Pengaruh Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Tevina Mart Ukui 1 Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (bab iv)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
||
|
Text
SKRIPSI GABUNGAN BARU.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nurul, (2020): Pengaruh Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Tevina Mart Ukui 1 Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Usaha bisnis ritel di Indonesia mengalami perkembangan cukup pesat pada beberapa tahun terakhir ini dengan berbagai macam bentuk dan jenisnya. Salah satu upaya dalam meningkatkan penjualan yang bisa dilakukan oleh peritel adalah melakukan display produk. Display produk adalah penataan barang dagangan ditempat tertentu dengan tujuan menarik minat konsumen, memudahkan konsumen untuk melihat dan memilih dan akhirnya membeli produk atau barang yang ditawarkan oleh toko ritel. Penelitian ini mengkaji bagaimana pengaruh display produk terhadap keputusan pembelian konsumen di Tevina Mart Ukui 1, serta mengetahui tinjauan Ekonomi Syari’ah display produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah para konsumen Tevina Mart Ukui 1. Sampel pada penelitian ini sebanyak 96 orang yang didapat dari rumus cochran karena total populasi tidak diketahui dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Uji penelitian yang digunakan adalag uji instrumen berupa uji validitas dan uji realibilitas (simultan), uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan koefisien determinasi R2. Dari hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y=9,957+0,741X artinya bahwa variabel display berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian. Hal ini diuji dengan menggunakan uji t, yang mana menunjukkan bahwa secara parsial, display produk berpengaruh positif karena dari hasil uji t, diketahui bahwa nilai thitung (10,875) > ttabel (1,985) dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, Ha diterima. Dari hasil uji Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,568, nilai tersebut menggambarkan bahwa display produk mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 56,8%. Sedangkan sisanya 43,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dalam tinjauan Ekonomi Syari’ah, dalam display produk pada Tevina Mart Ukui 1, telah terdapat prinsip-prinsip ekonomi Islam yang memperhatikan kebersihan, keindahan dan kerapihan serta dari praktek display produk tidak ditemukan adanya indikasi yang bertentangan dengan syari’at dalam Islam. Kata kunci: Display Produk, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 08:19 |
Last Modified: | 18 Jan 2021 08:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/33364 |
Actions (login required)
View Item |